9 Obat batuk herbal yang bahannya mudah ditemukan

Selasa, 29 Desember 2020 | 18:30 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
9 Obat batuk herbal yang bahannya mudah ditemukan


KESEHATAN - JAKARTA. Ini 9 obat batuk herbal yang bahannya mudah Anda dapatkan di sekitar rumah.  

Batuk, penyakit yang bisa menyerang siapa saja tanpa memandang usia dan jenis kelamin. 

Baca Juga: 9 Manfaat bawang putih sebagai obat herbal penumpas penyakit

Mengutip dari Kompas.com, batuk merupakan cara alami tubuh untuk menjaga kebersihan tenggorokan dari dahak atau iritasi lainnya. 

Batuk dipicu oleh beberapa hal seperti infeksi virus atau bakteri, alergi, dan asam lambung naik. 

Umumnya seseorang yang menderita batuk akan merasa tidak nyaman saat malam hari. Sebab, batuk semakin menjadi-jadi saat malam hari yang membuat Anda tidak bisa tidur nyenyak. 

Umumnya, para penderita minum obat batuk kimia yang banyak dijual di apotek atau toko ritel modern untuk mengobati penyakitnya. 

Untuk sebagian orang lebih memilih mengonsumsi obat herbal untuk mengobati batuk. 

Asal tahu saja, cukup banyak varian obat batuk herbal yang bisa dibuat sendiri di rumah. 

Obat herbal untuk batuk 

Belakangan sebagian orang lebih memilih mengonsumsi obat herbal dibandingkan obat kimia. Alasannya, obat herbal dipercaya lebih aman dikonsumsi dan minim efek samping. 

Berikut obat herbal untuk mengobati batuk yang bahannya mudah ditemukan dan bisa dibuat sendiri di rumah.

1. Daun sirih 

Daun sirih dikenal sebagai tanaman herbal yang berkhasiat untuk merawat area kewanitaan. Daun sirih juga kerap digunakan untuk menghentikan mimisan.    

Rupanya manfaat daun sirih tidak hanya itu saja, daun sirih juga bermanfaat sebagai obat herbal yang ampuh mengobati batuk. 

Namun, penderita tidak boleh asal mengonsumsi daun sirih untuk mengobati batuk. Sebab ada cara khusus minum obat herbal daun sirih sebagai obat batuk. 

Mengutip dari Buku Toga, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian, berikut bahan dan cara meracik daun sirih untuk mengobati batuk.  

Bahan 

  • Daun sirih 4 lembar 
  • Air 2 gelas

Anda cuci daun sirih sampai bersih. Kemudian, Anda rebus daun sirih sampai mendidih. 

Setelah itu, Anda dinginkan air rebusan daun sirih. Anda gunakan air rebusan daun sirih untuk berkumur. Anda sebaiknya berkumur dengan air rebusan daun sirih secara teratur sampai batuk sembuh. 

2. Kencur

Mengutip dari buku berjudul Kencur karya Ir.H. Rahmat Rukmana, MBA.,M.Sc. ripang kencur mengandung sineol, paraeumarin, asam anisic, gom, pati, dan mineral. 

Berdasarkan buku berjudul Memanfaatkan Bumbu Dapur Untuk Mengatasi Aneka Penyakit, kencur bersifat ekspektoran yang artinya menyembuhkan batuk dan mengeluarkan dahak. 

Membuat ramuan herbal kencur untuk obat batuk cukup mudah. Berikut bahan dan caranya yang dilansir dari situs Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro). 

Bahan 

  • Kencur (diparut) 15 gram 
  • Air 20 ml

Anda peras dan saring kencur yang sudah diparut. Anda bisa menambahkan air saat memeras kencur agar memperoleh air kencur sekitar 50 ml. 

Anda minum air perasan kencur dua sendok makan dua kali sehari. Khusus untuk anak-anak, minum satu sendok makan dua kali sehari. Anda bisa mengulangi minum air perasan kencur tersebut selama 14 hari. 

3. Temulawak 

Mengutip dari Tribunnews.com, temulawak memiliki sifat antiperadangan dan antibiotik. Selain itu temulawak mengandung zat aktif germacrene, xanthorrhizol, betha curcumena, dan lainnya. 

Sedangkan, jeruk nipis kay akan vitamin C yang berperan meningkatkan daya tahan tubuh.

Untuk membuat obat herbal ini cara cukup mudah, berikut bahan dan panduan membuatnya yang dikutip dari buku berjudul Tumbuhan Obat dan Khasiatnya karya H. Arief Hariana. 

Bahan 

  • Temulawak 1 jari 
  • Jeruk nipis 1/4 buah 
  • Madu 2 sendok makan 
  • Air 1 gelas 

Anda cuci temulawak dan jeruk nipis sampai bersih. Kemudian, Anda potong kecil-kecil temulawak lalu rebus sampai mendidih. 

Anda saring potongan temulawak lalu tambahkan air jeruk nipis dan madu ke dalam air rebusan temulawak. 

Anda minum dua kali sehari dengan takaran 1/2 gelas. 

4. Bawang bombai 

Bawang bombai tidak hanya lezat dijadikan camilan. Bawang bombai bermanfaat sebagai obat batuk herbal. 

Untuk merasakan manfaatnya, Anda cukup makan bawang bombai secara langsung atau membuat jus bawang bombai untuk obat batuk. 

5. Jeruk nipis 

Jeruk nipis merupakan obat batuk herbal. Jeruk nipis bersifat antibakteri dan mukolitik alias peluruh dahak. Hal inilah yang membuat jeruk nipis mampu mengobati batuk. 

Untuk mengobati batuk, Anda bisa campurkan jeruk nipis dengan kecap.

6. Pegagan 

Pegagan dipercaya sebagai obat herbal yang ampuh mengobati batuk. Namun, Anda tidak boleh mengonsumsi pegagan secara sembarangan untuk mengobati batuk. 

Sebab, ada cara khusus meracik dan mengonsumsi pegagan sebagai obat batuk. Berikut bahan dan cara meracik pegagan untuk mengobati batuk. 

Bahan

  • Pegagan 2 genggam 
  • Air secukupnya 

Anda cuci daun pegagan sampai bersih di bawah air mengalir. Kemdian, Anda tumbuk daun pegagan sampai halus dan berikan sedikit air. 

Setelah halus, Anda peras dan saring tumbukan pegagan tersebut. Anda minum 1/4 cangkir air pegagan satu kali sehari selama 14 hari. 

7. Cengkeh 

Cengkeh dipercaya bisa mengobati batuk. Hal ini disebabkan cengkeh bersifat antibakteri dan anti batuk. 

Mengutip dari buku berjudul Tanaman Potensial Berkhasiat Obat Cengkeh Temulawak Jahe Kunyit Kencur Serai, karya Suharman, cengkeh bisa mengeluarkan dahak dari tenggorokan. 

Untuk merasakan manfaatnya cukup mudah, Anda cukup kunyah cengkeh dengan garam.

8. Bunga belimbing wuluh 

Bunga belimbing wuluh sudah tersohor dalam dunia pengobatan herbal sejak dahulu kala. 

Bunga belimbing wuluh harus diolah dan dicampur bahan lainnya agar efektif mengobati batuk. 

Mengutip dari Buku Toga, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian, berikut bahan dan cara meracik bunga belimbing wuluh untuk mengobati batuk. 

Bahan

  • Bunga belimbing wuluh 1 genggam
  • Adas manis secukupnya 
  • Air 1/4 cangkir
  • Gula batu secukupnya

Anda cuci bunga belimbing wuluh. Kemudian, Anda haluskan bunga belimbing wuluh, adas manis, dan gula batu, serta masukkan air. 

Anda minum ramuan herbal tersebut satu sampai dua sendok makan dua kali sehari.

9. Mengkudu

Mengutip dari buku Atlas Tumbuhan Obat Indonesia karya Setiawan Dalimartha, buah mengkudu mengandung banyak senyawa aktif diantaranya alkaloid, polysaccharide, coumarin, linoleic, dan sterol. 

Selain itu, buah mengkudu juga kaya akan vitamin C, vitamin A, dan karoten. 

Buah mengkudu bersifat astringen, menghilangkap lembab, meningkatkan kekuatan tulang, peluruh kencing, peluruh haid, pembersih darah. Tidak hanya itu, buah mengkudu juga bersifat antikanker, pereda batuk, pereda demamm antiradang, antibakteri, pencahar, dan antiseptik.

Kandungan tersebutlah yang membuat buah mengkudu efektif mengobati batuk.

Para penderita batuk tidak boleh mengonsumsi buah mengkudu secara sembarangan untuk meredakan penyakitnya. Sebab, ada cara khusus untuk meracik dan mengonsumsi buah mengkudu sebagai obat batuk. 

Mengutip dari buku Tanaman Obat Tradisional Volume 1 karya Thomas A.N.S berikut bahan dan cara membuat ramuan obat herbal buah mengkudu yang efektif mengobati batuk. 

Bahan 

  • Buah mengkudu matang 1 buah 
  • Garam secukupnya 

Anda cuci buah mengkudu sampai bersih. Lalu, Anda makan buah mengkudu matang tersebut dengan garam. 

Anda bisa memilih salah satu resep obat herbal untuk batuk di atas. Ada baiknya, Anda membuat dan minum obat batuk herbal sesuai takaran. 

Bila batuk tak kunjung reda, sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

Baca Juga: 7 Manfaat buah stroberi untuk kesehatan tubuh

Selanjutnya: Pahitnya bukan main, ini 5 manfaat sambiloto sebagai obat herbal

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru