Ada 7.400 pendatang baru menetap di Jakut setelah lebaran

Rabu, 26 Juni 2019 | 23:38 WIB Sumber: Kompas.com
Ada 7.400 pendatang baru menetap di Jakut setelah lebaran


DKI JAKARTA - JAKARTA. Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jakarta Utara mencatat sebanyak 7.400 pendatang baru menetap di Jakarta Utara pasca Idul Fitri 1440 Hijriah.

Kepala Suku Dinas Dukcapil Jakarta Utara Erik Polim Sinurat mengatakan, jumlah tersebut didapatkan setelah dilakukan pendataan pada 14-24 Juni 2019.

"Dari jumlah tersebut, ada 4.347 orang yang memproses surat keterangan domisili sementara (SKDS). Kalau dibandingkan tahun lalu, jumlah pendatang baru di wilayah Jakarta Utara tergolong menurun," ujar Erik saat dikonfirmasi, Rabu (26/6). 

Untuk membantu pendatang mengurus SKDS, pihaknya menggelar bina kependudukan di Kantor Sekretariat RW 002 Kelurahan Pegangsaan Dua, Kecamatan Kelapa Gading. 

Lokasi tersebut dipilih karena letaknya yang berdekatan dengan pabrik dan tempat usaha. Selain itu, Kelurahan Pengangsaan berada di area perbatasan Jakarta Utara dengan Jakarta Timur.

"Hari ini kami melayani warga pendatang untuk kepengurusan dokumen kependudukan. Ada 470 SKDS yang sudah tercetak di wilayah Kelurahan Pegangsaan Dua," ucapnya.

Kegiatan ini akan kembali dilakukan di RW 004 Kelurahan Pejagalan, Kecamatan Penjaringan pada 3 Juli 2019. 

"Wilayah Pejagalan menjadi lokasi selanjutnya nanti kami akan datangi apartemen di sana untuk melaksanakan pelayanan administrasi kependudukan," ujar Erik. (Jimmy Ramadhan Azhari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Setelah Lebaran, 7.400 Pendatang Baru Menetap di Jakarta Utara",

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru