Ada pelantikan presiden, kawasan Monas ditutup hari ini

Minggu, 20 Oktober 2019 | 05:59 WIB Sumber: Kompas.com
Ada pelantikan presiden, kawasan Monas ditutup hari ini

ILUSTRASI. Warga beraktifitas di Monas, Jakarta, Jumat (7/6)


PELANTIKAN PEJABAT NEGARA - JAKARTA. Kawasan dan Wisata Monas akan ditutup pada Minggu (20/10) hari ini. 

Hal ini ini sehubungan dengan adanya pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. 

"Iya informasi dari TNI Polri, besok anjungan ditutup. Kalau mulainya jam 24.00 sampai berapanya nanti tunggu koordinasi dengan pihak TNI Polri," ucap Kepala Seksi Ketertiban UPT Monas Yayang Kustiawan saat dihubungi, Sabtu (19/10) malam. 

Yayang menyebutkan alasan penutupan kawasan Monas karena pertimbangan keamanan. Dikhawatirkan, dengan adanya pengunjung tak bisa disaring jika ada yang memiliki niat jahat. 

Baca Juga: Sebanyak 30.000 personel TNI-Polri amankan pelantikan Presiden-Wapres

"Ya pasti mengantisipasi masalah keamanan, ya jangan sampai ada masyarakat atau pengunjung yang artinya mungkin punya niat jahat atau apa, ingin mengganggu keamanan dalam rangka pelantikan ini," kata dia. 

Untuk itu, seluruh kawasan dimulai dari gerbang akan ditutup dan digembok, yang berada di dalam adalah anggota TNI Polri juga karyawan Monas. 

Bagi warga atau tamu yang akan menuju istana akan melalui Monas dan diperiksa terlebih dahulu. 

"Ya biasanya kayak waktu Lebaran, open house itu kan ditampung dulu di Monas, disortir, baru habis itu dibawa ke istana melalui bus biasanya," lanjutnya. 

Diketahui, upacara pengukuhan dan pengambilan sumpah jabatan itu berlangsung di Gedung Nusantara, Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta. Berdasarkan rundown, acara pelantikan presiden dan wapres dimulai dari pukul 14.30 WIB diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. 

Baca Juga: Rekayasa lalu lintas sekitar gedung DPR saat pelantikan presiden besok

Kemudian, dilanjutkan mengheningkan cipta yang akan dipimpin Ketua MPR Bambang Soesatyo disambung dengan pembukaan dan pembacaan keputusan KPU tentang penetapan Jokowi-Ma’ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden terpilih. (Ryana Aryadita Umasugi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Minggu, Kawasan Monas Akan Ditutup karena Ada Pelantikan Presiden"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru