Akibat tumpahan minyak di perairan Karawang, tangkapan nelayan menurun drastis

Selasa, 23 Juli 2019 | 10:31 WIB Sumber: TribunNews.com
Akibat tumpahan minyak di perairan Karawang, tangkapan nelayan menurun drastis


PENCEMARAN LINGKUNGAN - KARAWANG. Tiga hari setelah peristiwa tumpahnya minyak Pertamina di perairan Karawang, warga pesisir pantai mengkhawatirkan soal pencaharian mereka. Desa Sedari, selain beberapa warga mengelola usaha wisata di Pantai Sedari, ada pula yang bekerja sebagai nelayan.

Timin Kurdianto (45) warga Dusun Tirtasari salah satunya. Dia menerangkan jika ada insiden seperti ini, hasil tangkapannya menurun drastis.

"Kemarin-kemarin penghasilan saya 5 kilogram ikan atau udang, nah karena ada ini bisa turun jadi setengah kilogram, atau bahkan total enggak ada sama sekali," kata Timin di lokasi, Selasa (23/7).

Timin yang juga menjabat sebagai RT 2 Dusun Tirtasari, mengatakan dirinya kini fokus untuk membersihkan pantai dari pasir-pasir yang terkontaminasi tumpahan minyak. Pekerjaan melautnya pun ditinggalkan sementara.

"Nanti lima hari kemudian mungkin bisa melaut lagi. Karena jujur ya, di Dusun Tirtasari ini hampir 85 persen warganya nelayan. Jadi karena ada insiden ini ya kami menganggur," lanjutnya

Dengan produktivitas hasil tangkapan yang menurun, tentu warga tidak mau memaksa untuk melaut. Selain bahaya, ongkos bahan bakarnya dipastikan membengkak.

Nelayan lainnya, Sahrul (25) mengatakan bahwa kebutuhan bahan bakar perahu untuk melaut itu 10 liter solar. Dia mengatakan bahwa tak mungkin mengambil risiko pengeluaran tersebut. "10 liter bolak-balik sufah keluar lebih dari Rp500 ribu. Kalau hasilnya menurun berarti untuk menutupi ongkos bensin saja belum bisa," katanya.

Dirinya pun sama dengan warga lainnya, termasuk Timin. Dengan modal cangkul dan pengeruk dari kayu, Sahrul mengumpulkan gundukan-gundukan pasir yang terkontaminasi minyak dan menaruhnya di dalam karung yang sudah dilapisi plastik.

Seperti diketahui, tumpahan minyak yang membuat pasir-pasir di Pantai Sedari menghitam tersebut berasal dari insiden kebocoran di perairan utara Karawang. "Lokasi kebocoran di titim koordinat S 6 09 35" E 107 60'28" kata Kapolres Karawang, AKBP Nuredy Irwansyah Putra, Senin (22/7). (Reza Deni)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Tangkapan Nelayan Menurun Drastis Akibat Tumpahan Minyak di Perairan Karawang"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru