Ambisi Ridwan Kamil mengubah wajah Kalimalang Bekasi jadi cantik

Kamis, 27 September 2018 | 10:56 WIB Sumber: Kompas.com
Ambisi Ridwan Kamil mengubah wajah Kalimalang Bekasi jadi cantik

ILUSTRASI. Anak-anak bermain di Kalimalang


INFRASTRUKTUR DAERAH - BANDUNG. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kian serius mempercantik Sungai Kalimalang, Kota Bekasi. Dia bertekad menyulap Kalimalang sebagai area publik baru bagi warga Bekasi.

Saat ini, pria yang akrab disapa Emil itu telah menerjunkan tim untuk melakukan riset. Lantas apa saja poin penting dalam konsep revitalisasi Kalimalang di tangan Ridwan Kamil?  

1. Rencana tahap pertama: 5,6 km

 

 

Pada Rabu (26/9) malam, Emil menggelar rapat khusus untuk membahas revitalisasi Kalimalang. Dalam rapat itu hadir pula Sibarani Sofian, seorang arsitek spesialis desain dan pengembangan perkotaan (urban design).

Emil menunjuk Sibarani sebagai konseptor penataan Kalimalang. "Sesuai janji, tim dari saya sudah mempersentasikan, kami terus koordinasi ke Pak Wali Kota (Bekasi). Kami sudah meneliti mana yang baik dan memungkinkan," tutur Emil, saat ditemui di Gedung Sate, Rabu (26/9) malam.

Dari hasil rapat itu, Emil belum memutuskan titik mana yang akan dikerjakan paling awal.  Sofian Sibarani, arsitek dari URBAN+ yang dipercaya untuk menangani desain revitalisasi Kalimalang, mengatakan, pihaknya telah melakukan riset tiga pekan lalu.

Pengerjaan revitalisasi Kalimalang, lanjut dia, kemungkinan besar akan dimulai di pintu keluar tol Bekasi Barat hingga Bekasi Timur. 

"Jadi kami sudah menganalisa beberapa bagian dari sungai itu kira-kiranya akan mulai dari exit Bekasi Barat Sampai exit Bekasi Timur kira-kira panjangnya 5,6 kilometer," katanya.  

Editor: Yudho Winarto

Terbaru