Anggota DPRD DKI sebut target 14.255 penumpang LRT per hari terlalu tinggi

Rabu, 06 Maret 2019 | 17:49 WIB Sumber: Kompas.com
Anggota DPRD DKI sebut target 14.255 penumpang LRT per hari terlalu tinggi


LRT - JAKARTA. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menargetkan Light Rail Transit (LRT) Jakarta rute Velodrome-Kelapa Gading bisa mengangkut 14.255 penumpang per hari. Target itu dikemukakan dalam rapat Pemprov DKI Jakarta dengan Komisi C Bidang Keuangan DPRD DKI Jakarta, Rabu (6/3). 

"Estimasi jumlah penumpang LRT per hari 14.255," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Perekonomian DKI Jakarta M Abas. 

Anggota Komisi C DPRD DKI Ruslan Amsyari menilai jumlah penumpang LRT yang ditargetkan sebesar 14.255 orang itu terlalu tinggi. Sebab, rute LRT yang rencananya beroperasi pada akhir Maret itu pendek, hanya 5,8 kilometer. 

"LRT, orang mana yang mau diangkut? Enggak mengkhayal nih? Mimpi di tengah (siang) bolong? Ini yang logis aja menentukan jumlah penumpang. Jangan mengkhayal," kata Ruslan. 

Ruslan kemudian menyinggung LRT Palembang yang sepi penumpang. Jika target penumpang tidak tercapai, kata Ruslan, subsidi yang harus digelontorkan Pemprov DKI lebih besar lagi untuk membiayai operasional LRT Jakarta. 

Anggota Komisi C lainnya, Dite Abimanyu, menyampaikan hal serupa. "Kalau terjadi kayak LRT Palembang, itu gimana skenarionya? Gimana subsidinya jika ternyata enggak seperti yang diperkirakan karena jumlah penumpangnya tidak tercapai," kata Dite. 

Dibandingkan naik LRT Jakarta yang harus naik turun di stasiun dan melanjutkan perjalanan untuk sampai ke tempat tujuan, lanjut Dite, orang akan lebih memilih menggunakan ojek online. 

"LRT ini apa iya orang dari Pulomas ke Kelapa Gading mau capek-capek ke stasiun, dari stasiun ke rumah lagi? Kan mendingan ojek, murah sekali pakai gojek, tarifnya paling Rp 7.000 - Rp 8.000," kata dia.  

Pemprov DKI mengusulkan tarif Rp 6.000 per penumpang untuk LRT Jakarta. Dengan tarif tersebut, Pemprov DKI harus menggelontorkan subsidi Rp 327 miliar dari APBD DKI 2019. Komisi C DPRD akan membahas usulan tarif dan subsidi yang diajukan Pemprov DKI tersebut. (Nursita Sari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "DKI Targetkan 14.255 Penumpang LRT Per Hari, DPRD Bilang Jangan Berkhayal"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru