Anies janji berikan bantuan modal bagi pengusaha kecil korban demo anarkistis Jakarta

Jumat, 09 Oktober 2020 | 10:50 WIB Sumber: Kompas.com
Anies janji berikan bantuan modal bagi pengusaha kecil korban demo anarkistis Jakarta

ILUSTRASI. Anies Baswedan. REUTERS/Yuddy Cahya Budiman


DEMO BURUH - JAKARTA. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memanggil semua pelaku usaha mikro kecil dan menengah yang terdampak kerusuhan aksi demo penolakan Omnibus Law Undang-Undang Cipta Kerja. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, pihaknya akan memberikan bantuan modal agar para pengusaha yang terdampak kerusuhan bisa berjualan kembali, khususnya pengusaha buku di kawasan Senen. 

"Nanti Pemprov akan panggil semua pengusaha yang terdampak akibat kejadian kemarin. Nanti pinjaman modal kita akan bantu sehingga mereka bisa segera memulai kembali usahanya apalagi ini terkait perbukuan," kata Anies saat meninjau kawasan Senen, Jakarta Pusat, Jumat (9/10/2020).   

Anies menyayangkan tindakan anarkistis massa karena turut membakar buku-buku yang digunakan sebagai media ajar siswa. "Ini adalah materi ajar, materi pembelajaran sehingga terbakarnya buku itu punya makna yang berbeda. Kita semua kerugian ekstra ketika buku-buku itu terbakar karena di sana ada ilmu, ada kesempatan pembelajaran bagi anak-anak kita," ujar Anies. 

Berdasarkan data yang diterima Anies, total 20 halte di Jakarta rusak dampak dari aksi anarkistis massa. "Total kerusakan ada 20 halte. Diperkirakan kerugian sekitar lebih Rp 55 miliar," kata Anies. 

Baca Juga: Anies: 20 halte rusak dan kerugian lebih Rp 55 miliar dampak demo anarkistis

Menurut Anies, pihaknya akan memeriksa detail kerusakan tersebut pada hari ini, untuk segera diperbaiki. Anies memastikan bahwa berbagai fasilitas publik di Jakarta tetap bisa digunakan pada hari ini. Puing-puing akibat kerusuhan terus dibersihkan oleh para petugas sejak Kamis malam. 

"Puing-puing masih terus diselesaikan karena sebagian ini masih perlu waktu untuk dibersihkan. Anda lihat puing-puing sekitar sini tapi Insya Allah sebelum siang semuanya kita selesaikan. Jadi warga Jakarta bisa beraktivitas seperti semula," ucap Anies. 

Pengesahan UU Cipta Karya mengundang gelombang aksi demo di sejumlah daerah di Indonesia, salah satunya Jakarta. Aksi demo digelar oleh kelompok buruh dan mahasiswa di Jakarta yang terpusat di sekitar Istana Kepresidenan dan dan Gedung DPR pada Kamis kemarin. 

Demo berujung pada tindakan anarkistis dengan merusak dan membakar sejumlah fasilitas seperti bekas gedung bioskop di Senen yang berdampak pada empat ruko dan dua toko buku di sekitarnya

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Anies Janji Bantu Modal Pengusaha Kecil Korban Demo Anarkistis di Jakarta"

Selanjutnya: Demo marak, bagaimana nasib investasi ke Indonesia? Ini jawaban BKPM

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru