Anies menyebut masih Ada 65 RW di Jakarta yang tergenang banjir hingga kemarin

Minggu, 05 Januari 2020 | 10:27 WIB Sumber: Kompas.com
Anies menyebut masih Ada 65 RW di Jakarta yang tergenang banjir hingga kemarin

ILUSTRASI. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau tanggul Latuharhari dan Pintu Air Manggarai pasca banjir besar. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut masih ada 65 RW di Jakarta yang tergenang banjir hingga Sabtu.


BANJIR JAKARTA - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut masih ada 65 RW di Jakarta yang tergenang banjir hingga Sabtu kemarin.

"Terutama di tempat yang cekungan, saya sampaikan data per hari ini. Pada 2 Januari kemarin ada 390 RW yang tergenang, kemudian tanggal 3 Januari tinggal 133 RW dan sekarang masih ada 65 RW. Dari 15% tinggal 3%," kata Anies saat meninjau lokasi banjir di Kampung Pulo, Jakarta Timur, Sabtu (4/1).

Saat ini, kata Anies, ketinggian air di wilayah tersebut surut dengan cepat. "Tadi kami inspeksi ke beberapa lokasi terutama sekolah-sekolah bisa berfungsi kembali Senin esok. Di mana pada saat banjir kemarin ada 211 sekolah yang tergenang. Sekarang 207 sudah bebas dan dalam proses pembersihan. Tinggal tiga lagi yang masih mau dituntaskan," kata Anies.

Baca Juga: Hujan lebat disertai petir & angin kencang berpotensi terjadi di Jabodetabek hari ini

Anies juga mengatakan saat ini warga di permukiman masih membersihkan rumah mereka. Dirinya mengajak masyarakat untuk turut serta kerja bakti bersama aparat pemerintah, TNI, Polri untuk membantu meringankan penderitaan masyarakat terdampak bencana mulai Minggu (5/1) pagi.

"Mengapa kami mengajak bersama-sama, untuk mempererat rasa kebersamaan dan ini dialami oleh warga Jakarta. Walau pun kawasan cuma 15%, yang 85% bebas banjir. Kami ajak semua membantu lokasi yang terjadi banjir," kata Anies.

Kerja bakti tersebut, kata Anies, dilakukan pada hari Minggu pukul 06.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB di 311 kelurahan. "Diselenggarakan semuanya, kita Insya Allah ada 117.000 petugas," kata Anies.

Baca Juga: Update korban banjir: 60 orang meninggal dan dua orang hilang

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta pada Sabtu pukul 18.00 WIB, masih ada 54 RW yang terendam banjir dengan rincian Jakarta Utara tujuh RW, Jakarta Barat 36 RW, Jakarta Selatan delapan RW dan Jakarta Timur tiga RW dengan jumlah pengungsi masih tersisa 5.184 jiwa di 25 lokasi pengungsian.

Diketahui, akibat hujan deras sejak 31 Desember 2019 malam hingga 1 Januari 2020 pagi, banjir terjadi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek), hingga ribuan orang harus mengungsi. Pemprov DKI Jakarta menurunkan 120.000 petugas untuk menanggulangi banjir tersebut. (Jessi Carina)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Anies Sebut Masih Ada 65 RW di Jakarta yang Tergenang Banjir hingga Kemarin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru