Anies: Naturalisasi sungai kita jalankan, akhir 2019 kita lihat hasilnya

Kamis, 02 Mei 2019 | 13:39 WIB Sumber: Kompas.com
Anies: Naturalisasi sungai kita jalankan, akhir 2019 kita lihat hasilnya


DKI JAKARTA - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim, konsep naturalisasi sungai sudah dijalankan. Anies meyakini hasil naturalisasi dapat dilihat pada akhir tahun ini.  

"Naturalisasi kita jalankan. Bahkan 2019, nanti kita sudah lihat jadi hasilnya (naturalisasi) akhir tahun ini insya Allah sudah selesai," kata Anies di Monas, Jakarta Pusat, Kamis (2/5).

Naturalisasi yang dimaksud, kata Anies, dilakukan dengan menghidupkan ekosistem sungai. Selain itu, airnya akan dijernihkan sehingga bisa menjadi habitat hewan. 

"Kalau makhluk-makhluk bisa hidup di sana artinya polusi juga rendah. Dan itu yang akan kita lakukan," ujarnya.  

Sementara untuk normalisasi, Anies enggan menjawab kelanjutannya. "Ini kalau doorstop (wawancara) begini potensi pelintir-able-nya tinggi. Jadi saya jelasin nanti saja," kata Anies.  

Normalisasi merupakan program kerja sama antara Pemerintah Provinsi DKI dengan pemerintah pusat yang dilaksanakan sejak Presiden Joko Widodo masih menjabat sebagai Gubernur DKI. 

Program tersebut dilakukan sebagai upaya untuk mengatasi persoalan banjir yang kerap melanda wilayah Ibu Kota. 

Adapun, normalisasi 13 sungai di Jakarta sudah dikerjakan pemerintah pusat lewat Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. 

Namun, prosesnya berhenti sejak 2017 karena Pemprov DKI tidak lagi membebaskan lahan. Ketika Anies Baswedan menjabat gubernur pada 2017, ia memperkenalkan naturalisasi sebagai alternatif dari normalisasi. (Nibras Nada Nailufar)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Anies: Naturalisasi Kita Jalankan, Akhir 2019 Kita Lihat Hasilnya..."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru