Antrean panjang calon penumpang KRL kembali terjadi di Stasiun Bogor

Senin, 22 Juni 2020 | 10:58 WIB Sumber: Kompas.com
Antrean panjang calon penumpang KRL kembali terjadi di Stasiun Bogor

ILUSTRASI. Antrean calon penumpang KRL tujuan Jakarta, di Stasiun Bogor pada Senin (22/6) pagi, masih sangat panjang.


TRANSPORTASI - BOGOR. Antrean calon penumpang kereta commuter line atau kereta rel listrik (KRL) tujuan Jakarta, di Stasiun Bogor pada Senin (22/6) pagi, masih sangat panjang, tapi terlihat tertib dan rapi. Pantauan di lokasi, calon penumpang tampak berada di peron, lorong, dan di halaman stasiun.

Mereka mengular sejak depan pintu masuk hingga ke pintu masuk parkir mobil dengan jarak sekitar lebih dari 100 meter. Antrean terlihat sejak pukul 05,00 WIB. Bahkan pada sekitar pukul 07.00 WIB, antrean panjang belum juga reda.

Meski begitu, antrean tampak tertib dan rapi karena pegawai stasiun yang dibantu personel dari Polri dan TNI mengaturnya dengan baik. Calon penumpang yang mengantre dibuatkan jalur khusus dengan dibatasi oleh pagar pembatas maupun plastik garis polisi, sehingga mereka tetap berada di dalam koridor.

Baca Juga: Perhatian! Ini protokol kesehatan untuk penumpang moda transportasi

Agar menjadi lebih tertib, antrean dibagi tiga kelompok, yakni di dalam stasiun, di halaman stasiun, dan di luar stasiun, sehingga tidak terjadi penumpukan. Setelah antrean yang di depannya bergerak, baru kemudian antrean di kelompok berikut bergerak.

Sementara itu, pemberangkatan KRL dari Stasiun Bogor menuju ke Stasiun Jakarta Kota maupun menuju ke Stasiun Tanah Abang dan Jatinegara frekuensinya juga ditingkatkan, yakni hanya sekitar lima menit, antara satu pemberangkatan dengan pemberangkatan berikutnya, di delapan jalur yang tersedia. Petugas di Stasiun Bogor juga tampak menaikkan penumpang dalam jumlah terbatas, yakni kurang dari 50 orang dalam setiap gerbong, guna mencegah penularan Covid-19 dengan menjaga jarak fisik.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto yang meninjau situasi calon penumpang KRL di Stasiun Bogor, melihat, calon penumpang KRL pada Senin pagi ini sudah lebih banyak dari pada Senin (15/6) pekan lalu. "Saya lihat antrean di Stasiun Bogor hari ini lebih ramai dari pada pekan lalu. Ini karena kantor-kantor di Jakarta sudah lebih banyak lagi yang buka," kata dia.

Baca Juga: Beberapa stasiun padat, pengguna KRL diimbau tetap atur rencana keberangkatan

Bima menambahkan, dari informasi petugas stasiun Bogor, jumlah penumpang KRL pada pukul 04.00 WIB hingga 06.00 WIB sudah terdata sekitar 5.000 orang, sedangkan pada Senin pekan lalu dalam waktu yang sama, terdata sekitar 3.000 orang. (Irfan Maullana)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Antrean Panjang Calon Penumpang KRL di Stasiun Bogor Kembali Terjadi Pagi Ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru