Apersi Jateng kesulitan lahan untuk FLPP

Senin, 06 Maret 2017 | 17:39 WIB Sumber: Antara
Apersi Jateng kesulitan lahan untuk FLPP


SEMARANg. Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Jawa Tengah mengeluhkan ketersediaan lahan untuk membangun rumah sederhana program fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP).

"Memang bertahun-tahun untuk angka rumah sederhana selalu backlog, lahan sudah terlalu mahal," kata Ketua DPD Apersi Jawa Tengah Bayu Rama Djati di Semarang, Senin (6/3).

Dia mengatakan, khusus di Jawa Tengah, angka kekurangan rumah sederhana sekitar 1 juta unit dengan perhitungan angka kesenjangan atau backlog setiap tahunnya sekitar 15.000-20.000 unit.

"Nantinya angka 1 juta unit ini akan terus bertambah, apalagi rumah sederhana tidak mungkin dapat dibangun di kota-kota besar seperti Semarang dan Solo," katanya.

Menurut Bayu, dari seluruh daerah di Jawa Tengah tidak banyak kabupaten yang masih bisa dibangun rumah sederhana program FLPP. Beberapa di antaranya yang masih bisa dibangun rumah sederhana, di antaranya Pati, Demak, Purworejo, Karanganyar, Pemalang, Tegal, dan Kendal. "Itu pun harus disesuaikan dengan permintaannya, karena kita juga harus melihat daerah tersebut banyak terdapat industri atau tidak," paparnya.

Dia mengatakan, seperti halnya di Kabupaten Kendal, pasti permintaan banyak karena adanya Kawasan Industri Kendal (KIK).

"Untuk pembangunan rumah sederhana ini yang paling penting adalah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Memang harus ada kebijaksanaan dari pemerintah agar masyarakat yang bekerja di zona industri atau ekonomi ini bisa memiliki tempat tinggal yang layak," kata Bayu.

Oleh karena itu, Bayu menyambut baik rencana penerapan pajak progresif yang akan direalisasikan oleh pemerintah karena berpotensi mengurangi terjadinya spekulan tanah. "Kalau bisa besaran pajak progresif untuk tanah menganggur ini setinggi-tingginya, harapannya untuk menekan spekulan. Dengan begitu mereka lebih memilih menjual tanahnya kepada para pengembang," ucapnya.

(Aris Wasita Widiastuti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru