Arus balik libur panjang masih berlanjut hari ini

Minggu, 01 November 2020 | 07:36 WIB Sumber: Kompas.com
Arus balik libur panjang masih berlanjut hari ini

ILUSTRASI. Sejumlah kendaraan memadati ruas jalan jalur Puncak, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (28/10/2020).


LIBUR PANJANG - JAKARTA. Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo memprediksi arus balik libur panjang akan terjadi pada hari ini, Sabtu (31/10) dan Minggu (1/11). Ribuan kendaraan diprediksi akan kembali masuk ke Jakarta dari beberapa wilayah, salah satunya Jawa Barat.

"Diperkirakan arus balik akan meningkatkan Sabtu dan Minggu. Kami akan berkoordinasi dengan Polda Jawa Barat untuk memantau peningkatan jumlah arus yang masuk Gerbang Tol Cikampek Utama dan Gerbang Tol Kalihurip Utama," kata dia, Sabtu (31/10).

Selain berkoordinasi dengan Polda terkait, Sambodo juga telah mengantisipasi kepadatan arus balik dengan beberapa metode. Salah satunya dengan contra flow hingga one way di jalur yang mengarah ke wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Metode ini berguna untuk mengurai menumpuknya kendaraan di jalan-jalan utama. Selain itu, polisi juga akan berkoordinasi dengan pengelola jalan tol agar membuka jika terjadi penumpukan di pintu tol.

Baca Juga: Libur panjang, lebih dari setengah juta kendaraan keluar Jakarta

"Jika antrean mencapai 1 km, kami akan berkoordinasi supaya tidak ada pembayaran tol yang penting masyarakat bisa kembali ke rumahnya masing-masing dalam keadaan aman dan lancar dan tentunya sehat," tutup Sambodo.

Untuk diketahui, libur panjang berlangsung sejak Rabu (28/10) hingga Minggu (1/11). Ribuan kendaraan bahkan sudah meninggalkan ibu kota sehari sebelum libur panjang.

Jasa Marga mencatat sebanyak 147.000 kendaraan meninggalkan Jakarta pada H-2 libur panjang, yang dimulai Selasa (27/10). Angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas dari beberapa gerbang tol barrier/utama, yaitu Gerbang Tol Cikupa (arah Barat), Gerbang Tol Ciawi (arah Selatan), Gerbang Tol Cikampek Utama dan Gerbang Tol Kalihurip Utama (arah Timur).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Polda Metro Jaya Antisipasi Puncak Arus Balik Libur Panjang.
Penulis: Walda Marison
Editor: Irfan Maullana

Baca Juga: Mulai besok, tol Jakarta-Cikampek II Elevated tak gratis, ini tarifnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru