Bakal ada Masjid Apung pertama Jakarta yang letaknya di Ancol

Sabtu, 09 November 2019 | 20:26 WIB Sumber: Kompas.com
Bakal ada Masjid Apung pertama Jakarta yang letaknya di Ancol

ILUSTRASI. Foto aerial suasana pengunjung Pantai Karnaval Ancol, Jakarta, Kamis (6/6/2019). Hingga sore ini tercatat sekitar 100 ribu pengunjung memanfaatkan waktu libur Lebaran 2019 bersama keluarga di Taman Impian Jaya Ancol. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/hp.


DKI JAKARTA - JAKARTA. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama dengan PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk segera membangun Masjid Apung di wilayah Pantai Ancol, Jakarta Utara.

Pemancangan tiang Masjid Apung pertama di Jakarta ini bakal dihadiri oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan dan mantan Wakil Presiden Indonesia sekaligus Ketua Dewan Masjid Indonesia Pusat, Jusuf Kalla.

Rika Lestari Departement Head Corporate Communications PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (Ancol) mengatakan, proses pembangunan Masjid Apung Ancol ini ditargetkan akan selesai tahun 2020 mendatang.

Baca Juga: Tarik Pengunjung, Pengelola Ancol Tambah Beragam Wahana

Masjid ini dibangun menjorok dari daratan. Masjid ini juga mempunyai luas 2.000 meter persegi yang mampu menampung hingga 2.500 orang jemaah.

Bangunan masjid ini didesain berbentuk segi lima yang mencerminkan rukun Islam dan jumlah waktu salat wajib dalam satu hari.

“Tinggi masjid mencapai 25 meter yang melambangkan 25 Nabi yang dikisahkan dalam Al-Qur'an,” ujar Rika melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (9/11).

Sudah 4 Kali Terbakar Kemudian, pada sisi luar masjid akan dibentuk enam buah minaret (menara) yang melambangkan dasar rukun iman.

Baca Juga: Pembangunan Jaya Ancol (PJAA) telah menyerap Rp 300 miliar belanja modal

Dengan desain tersebut, Masjid Apung ini diharapkan jadi ikon baru dan sentral dari destinasi wisata di Jakarta dengan beragam lokasi bersejarah seperti di Kota Tua dan Kepulauan Seribu yang memiliki cerita sejarah Jakarta di masa lalu.

"Kami harap Masjid Apung ini bisa memberikan pengalaman baru bagi pengunjung serta dapat menjadi destinasi dan ikon baru Jakarta yang menjadi kebanggaan Kota Jakarta" ucap Teuku Sahir Syahali, Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol.

Selain pembangunan masjid apung, Ancol juga sedang menyelenggarakan Sayembara Gagasan Desain Masjid Apung. Sayembara dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada arsitek-arsitek muda berkarya dan mengembangkan idenya.

Baca Juga: Dirkeu MRT: Proyek MRT fase II tidak bisa diperpanjang hingga Ancol

Hadiah yang disiapkan untuk pemenang dari gagasan desainnya pun mencapai ratusan juta rupiah. “Desain dari pemenang sayembara tersebut nantinya akan menjadi acuan bagi Ancol dalam mengembangkan atau membangun Masjid Apung lainnya di kemudian hari,” tuturnya. (Cynthia Lova)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Masjid Apung Pertama di Jakarta Segera Dibangun di Pantai Ancol",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru