Begini situasi terkini pendaki Gunung Rinjani pasca gempa

Senin, 30 Juli 2018 | 16:33 WIB   Reporter: Yudho Winarto
Begini situasi terkini pendaki Gunung Rinjani pasca gempa

ILUSTRASI. Mendaki Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB)


GEMPA - JAKARTA. Para pendaki Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Timur berlangsung turun pasca gempa. Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) Sudiyono mengatakan ada 826 pendaki itu terdiri dari wisatawan asing dan domestik yang tengah mendaki gunung berapi tertinggi kedua itu.

Lalu bagaimana kondisi terkini pendaki dan Gunung Rinjani pasca gempa bumi magnitudo 6,4 yang mengguncang pada Minggu (26/7) pukul 05.47 WIB?

Salah satu pendaki Anca, founder Ogie Travel melalui akun instagramnya @mhdasharr bercerita dirinya bersama pendaki lainnya merupakan tim terakhir yang berangkat dari danau Segara Anak, Senin (30/7) pagi.

Anca menggambarkan akibat gempa ada dua jembatan yang putus di jalur pendakian. Banyak tebing yang longsor baik menuju Pelawangan Sembalun atau pun Pelawangan Senaru.  

“Campsite Pelawangan Sembalun terlihat banyak retakan tanah, dan info sekarang ini semua pendaki sudah berada di pos 2 dan sebagian melanjutkan perjalanan ke basecamp,” ujarnya

Selanjutnya, satu korban meninggal masih berada di tengah jalur dari Pelawangan Sembalun menuju Danau Segara Anak, menunggu evakuasi dari tim SAR.  

“Semoga evakuasi cepat terlaksana karena korban sudah menunggu kepastian evakuasi,” ujarnya.

Kondisi rinjani saat ini pasca gempa kemarin pagi . 2 jembatan putus, banyak tebing yang longsor baik itu jalanan menuju pelawangan sembalun ataupun pelawangan senaru, campsite pelawangan sembalun terlihat banyak retakan tanah, dan info skrg ini semua pendaki sudah berada di pos 2 dan sebagian melanjutkan perjalanan ke basecamp . 1 korban meninggal masih berada di tengah jalur dari pelawangan sembalun menuju danau segara anak, menunggu evakuasi dari tim sar . Semoga evakuasi cepat terlaksana karena korban sudah menunggu kepastian evakuasi .. sumber info dari saya sendiri sebagai tim terakhir berangkat dari danau segara anak pagi ini. @mountnesia @gunungindonesia @pendakiindonesia @momen_pendaki @pendakilawas @id_pendaki @infopendaki #saverinjani #savelombok #prayforlombok #prayforrinjani

A post shared by Anca (@mhdasharr) on

Editor: Yudho Winarto

Terbaru