Bekasi minta dana hibah Rp 719 miliar ke DKI pada tahun 2020

Jumat, 20 September 2019 | 16:31 WIB Sumber: Kompas.com
Bekasi minta dana hibah Rp 719 miliar ke DKI pada tahun 2020

ILUSTRASI. Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang


BEKASI - BEKASI. Pemerintah Kota Bekasi mengajukan dana hibah sebesar Rp 719 miliar ke Pemprov DKI Jakarta untuk tahun 2020. Angka ini di bawah pencairan dana hibah bagi Kota Bekasi pada 2019 yang mencapai Rp 752 miliar. 

Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bekasi, Eka Hidayat Taufik menyatakan, dana hibah sebesar Rp 719 miliar tahun depan terdiri dari dua item, yakni Rp 351,8 miliar untuk dana kemitraan dan Rp 367,2 miliar untuk kompensasi Bantar Gebang. 

Baca Juga: Ada konvoi kendaraan listrik di Monas, ini jalur alternatifnya

"Kompensasi itu yang dihitung dari besaran sampah volume yang dikelola di TPST Bantargebang. Satunya lagi dana kemitraan, terkait dengan program-progam yang memang bisa dipetakan sesuai dengan program DKI," ujar Eka kepada Kompas.com di DPRD Kota Bekasi, Jumat (20/9). 

Dana kompensasi Bantargebang akan dialokasikan untuk penanggulangan dan pemulihan lingkungan, pelayanan kesehatan warga sekitar TPST Bantargebang, Bantuan Langsung Tunai, dan biaya pendidikan. 

Sementara itu, lanjut Eka, dana kemitraan sudah dirinci ke dalam 21 program, termasuk di dalamnya penataan wilayah perbatasan, pembangunan kantor RW, park and ride, penerangan jalan umum, dan rehabilitasi lapas. 

Usulan ini sudah diverifikasi sementara oleh Pemprov DKI Jakarta melalui bagian kerja sama pemerintah daerah. Namun, Eka menyebut, jumlah ini masih bisa berubah usai digodok Pemprov DKI kelak. 

Baca Juga: Penyelenggaraan Formula E dapat mendongkrak ekonomi Jakarta hingga Rp 1,2 triliun

"Ini yang sudah diverifikasi. Kita sih berharap bisa lebih dari ini. Kalau tidak salah, di awal kita mengajukan Rp 900-an miliar," ujar Eka. 

"Ya kita mengusulkan sesuai kebutuhan kita. Tapi, DKI juga melihat, memverifikasi. Pagunya berapa, ya paling tahu DKI. Mereka punya batasan, kita tidak tahu," ia menambahkan. (Vitorio Mantalean)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bekasi Minta Dana Hibah Rp 719 M ke DKI pada 2020"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru