Belum beroperasi, flyover Cengkareng tunggu uji kekuatan landasan

Rabu, 09 Januari 2019 | 17:07 WIB Sumber: Kompas.com
Belum beroperasi, flyover Cengkareng tunggu uji kekuatan landasan


PROYEK INFRASTRUKTUR - JAKARTA. Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi mengatakan, operasional flyover atau jembatan layang Cengkareng, Jakarta Barat belum bisa dilakukan karena masih menjalani proses pengujian. 

Adapun pengujian yang dilakukan adalah uji kekuatan landasan setelah perbaikan peletakan landasan atau pot bearing.

"Flyover Cengkareng tinggal ada pengujian kekuatannya. Setelah pengujian selesai (bisa beroperasi), hari ini katanya selesai pengujiannya," kata Rustam di GOR Cendrawa, Cengkareng, Rabu (9/1). 

Perbaikan flyover Cengkareng dikerjakan oleh petugas Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VI Ditjen Bina Marga sejak Kamis (27/12) lalu. 

Penyelesaian perbaikan sempat dijanjikan rampung pada 3 dan 7 Januari 2019, tetapi flyover Cengkareng masih belum bisa dilalui hingga saat ini. 

Flyover Cengkareng diperbaiki akibat pot bearing yang tidak berfungsi optimal karena sering dilalui kendaraan dengan muatan yang melebihi kapasitas. 

Adapun perbaikan yang dilakukan adalah pergantian pot bearing, menyambung siar muai (extension joint) pada pilar 4 dan pilar 11 di flyover tersebut. 
Setelah perbaikan, akan dilakukan pengujian untuk kemudian flyover bisa dilalui oleh pengendara lagi. 

"Pengujiannya hasil perbaikan itu, kalau sudah aman bisa dilewati. Kalau hari ini sudah dipastikan bisa dilewati, hari ini juga (flyover) bisa dibuka," katanya. (Rima Wahyuningrum)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Operasional "Flyover" Cengkareng Tunggu Uji Kekuatan Landasan "

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru