Berita baik bagi warga Jabar, Ridwan Kamil gratiskan iuran SMA/SMK

Jumat, 12 Juni 2020 | 14:33 WIB Sumber: Kompas.com
Berita baik bagi warga Jabar, Ridwan Kamil gratiskan iuran SMA/SMK

ILUSTRASI. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri) dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (kanan), memberikan keterangan pers usai melakukan koordinasi, di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Rabu (18/3/2020). Menteri Dalam Negeri berkoordinasi dengan Pemerintah Jawa


PENDIDIKAN - BANDUNG. Pemerintah Provinsi Jawa Barat memastikan program iuran bulanan peserta didik (IBPD) gratis bagi siswa SMA, SMK dan SLB tetap berjalan meski saat ini Pemprov Jabar tengah fokus dalam menanggulangi pandemi Covid-19.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, anggaran untuk program itu tak terganggu meskipun ada pergeseran APBD untung penanganan Covid-19. Alokasi dana untuk program itu mencapai Rp 1,42 triliun.

"Berita baik sesuai urutan jadwalnya SMA SMK negeri itu gratis dari Pemprov Jabar dan kepada warga tak mampu di swasta kita juga ada biaya dari pemprov untuk menggratiskan pembelajaran di sekolah swasta. Itu betul dan terjadi di semester ini. Rencana itu tetap ada dan jangan dihubungkan ke Covid sebenarnya," ucap Emil, sapaan akrabnya, saat ditemui di Gedung Pakuan, Jumat (12/6/2020).

Dikonfirmasi terpisah, Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Wahyu Mijaya menuturkan, program ini akan digulirkan mulai tahun ajaran 2020/2021 untuk seluruh siswa di 831 sekolah negeri. Untuk sekolah negeri tingkat SMA, IBPD per siswa yang ditanggung berkisar Rp 145.000 - Rp 165.000 per siswa per bulan.

Baca Juga: Ridwan Kamil sebut wisata outdoor dapat segera beroperasi lagi

"Sementara untuk SMK negeri, biayanya Rp 150.000 sampai Rp 170.000. Tapi itu tergantung jumlaj rombongan belajar (rombel). Jadi kalau rombelnya kecil dapatnya besar, kalau rombelnya besar dapatnya kecil," kata Wahyu.

Selain itu, Pemprov Jabar juga menggagas Bantuan Pendidikan Menengah Universal (BPMU) bagi siswa yang bersekolah di swasta. Nilainya Rp. 550.000 per orang per tahun, ini sudah disalurkan untuk 5.111 sekolah swasta dan Madrasah Aliyah.

"Jadi bantuan untuk siswa di sekolah swasta juga ada. Tapi nilanya tak sebesar yang disekolah negeri. Programnya kita mulai bulan Juli," jelasnya. (Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ridwan Kamil Gratiskan Iuran SMA/SMK di Jawa Barat"

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru