Berkah Imlek bagi penjual boneka barongsai

Sabtu, 25 Januari 2020 | 17:10 WIB Sumber: Kompas.com
Berkah Imlek bagi penjual boneka barongsai

ILUSTRASI. Penjualan pernak pernik Imlek laris


IMLEK - JAKARTA. Berkah Tahun Baru Imlek tampaknya bisa dirasakan berbagai kalangan, tak hanya mereka yang mendapat angpao dari saudara dan kerabat. Roni misalnya. Meski bukan keturunan Tionghoa, ia meraup rezeki pada Hari Raya Imlek 2571 yang jatuh pada Sabtu (25/1) ini. 

Roni merupakan pedagang boneka barongsai goyang. Ia berjualan di kawasan Petak 9, Glodok, Jakarta Barat. Barongsai merupakan tarian tradisional China. Penari menggunakan kostum menyerupai singa.  

Boneka barongsai goyang buatan Roni berukuran sekitar 30 cm dan memiliki bahan dasarnya terbilang murah dan ramah lingkungan karena berupa olahan dari limbah boneka. Kepala barongsai terbuat dari gabus tebal. 

Baca Juga: Di Tahun Tikus Logam, ini dua sektor yang diramal bakal mentereng

Badan barongsai terbuat dari kain-kain halus berwarna warni. Bagian di samping mata boneka diberi dua lampu kecil yang jika kabelnya disambungkan, lampu menyala dan berganti warna. 

Roni mengaku sehari bisa membuat 2 kodi atau 40 boneka barongsai. "Pengerjaannya sehari 2 kodi boneka. Imlek begini bisa menjual 3 kodi atau 60 boneka," jelas Roni.

Nah, untuk satu boneka biasa dijualnya seharga Rp 15.000 hingga Rp 20.000. Ia pun memetik keuntungan Rp 7.000 per boneka dengan harga jual seperti itu. 

"Lumayan kalau imlek memang jualan barongsai terus. Kadang dapat keuntungan Rp 400.000 sampai Rp 450.000," ujar dia. Pada hari biasa, jika bukan perayaan Imlek, ia tetap berjualan boneka goyang tetapi bentuknya bukan barongsai. 

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru