Besok siang, ribuan mahasiswa bakal kembali demo desak Perppu KPK di depan Istana

Rabu, 16 Oktober 2019 | 21:06 WIB   Reporter: kompas.com
Besok siang, ribuan mahasiswa bakal kembali demo desak Perppu KPK di depan Istana

ILUSTRASI. Pengunjuk rasa membentangkan poster saat unjuk rasa di Jalan Gatot Subroto, dekat Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (30/9/2019).


UNJUK RASA - JAKARTA. Seruan aksi demo mahasiswa kembali bergema menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM-SI) se Jabodetabek-Banten menyerukan aksi #tuntaskanreformasi mendesak Perppu KPK pada Kamis (17/10) besok, berlokasi di Istana Negara, Jakarta.

Seruan mereka unggah melalui akun Instagram BEM-SI dengan alamat @bem_si, Rabu (16/10) sore. Ghozi Basyir, Koordinator Media BEM-SI, membenarkan soal seruan aksi dan rencana demonstrasi mahasiswa tersebut di Istana Negara. "Bener, benaran ada aksi," kata Ghozi seperti dikutip Antara.

Baca Juga: Ketua KPK: Pemerintah minta tak ada lagi OTT, pencegahan atau KPK mau dimatikan?

Ghozi mengatakan, aksi ini akan diikuti mahasiswa dari aliansi BEM-SI Jabodetabek dan Banten, dengan estimasi massa sekitar 2.000 orang. Aksi tersebut rencananya mulai jam 13.00 WIB sampai selesai, sekitar jam 18.00 WIB.

Terkait penyataan Polri yang tidak mengeluarkan Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) demonstrasi menjelang pelantikan Presiden, Ghozin menegaskan, mahasiswa tetap akan turun melakukan aksi. "Kita mah di negara demokrasi, tetap gelar aksi. Kan, surat aksi itu pemberitahuan, bukan izin," ujarnya.

Baca Juga: Jokowi diam ditanya Perppu KPK, Bamsoet dan Basarah minta tanya soal pelantikan

Dalam unggahan di akun media sosial BEM-SI, seruan aksi mahasiswa ini mendesak pemerintah menuntaskan reformasi dan menghentikan berbagai hal buruk yang terjadi di Indonesia. Aksi ini juga berlandas semangat 20 tahun reformasi yang menghendaki pemberantasan korupsi.

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru