BMKG: Waspada cuaca ekstrem di wilayah Jateng beberapa hari ke depan

Minggu, 05 Januari 2020 | 09:54 WIB Sumber: Kompas.com
BMKG: Waspada cuaca ekstrem di wilayah Jateng beberapa hari ke depan

ILUSTRASI. Sejumlah kapal berlabuh di kawasan pelabuhan rakyat Sungai Siak ketika awan hitam menyelimuti langit di Kota Pekanbaru, Riau, Kamis (2/1/2020).


PRAKIRAAN CUACA - SEMARANG. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ahmad Yani kembali mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem di wilayah Jawa Tengah serta proyeksi cuaca untuk beberapa hari ke depan.

Kepala BMKG Ahmad Yani Semarang Achadi Subarkah Raharjo mengatakan, sebagian besar wilayah Jateng masih berpotensi menerima curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada 5 hingga 6 Januari 2020. "Curah hujan ini diprediksi dapat disertai dengan angin kencang. Maka kewaspadaan tetap perlu ditingkatkan bagi masyarakat akan potensi bencana hidrometeorologis lainnya berupa banjir, banjir bandang dan tanah longsor," kata Achadi, Minggu (5/1).

Baca Juga: Hujan lebat disertai petir & angin kencang berpotensi terjadi di Jabodetabek hari ini

Dalam keterangan BMKG Ahmad Yani, daerah-daerah yang berpotensi menerima curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada 5 Januari 2020 meliputi wilayah Brebes bagian selatan, Tegal bagian selatan, Pemalang bagian Selatan, Pekalongan bagian selatan, Batang bagian selatan, Kendal bagian selatan. Selain itu, wilayah Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Magelang, Kab. Semarang, Salatiga, Boyolali, Sragen, Surakarta, Klaten, Sukoharjo, dan Karanganyar.

Sementara, pada 6 Januari 2020, curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat diprediksi melanda wilayah Brebes bagian selatan, Tegal bagian selatan, Pemalang bagian Selatan, Pekalongan bagian selatan, Batang bagian selatan, Kendal bagian selatan. Selain itu, wilayah Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Magelang, Kab. Semarang, Grobogan, Blora, Salatiga, Boyolali, Sragen, Surakarta, dan Karanganyar. (Riska Farasonalia)

Baca Juga: Gunung Prau ditutup bagi pendaki sampai April 2020

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul BMKG: Waspada Cuaca Ekstrim di Wilayah Jateng Beberapa Hari ke depan.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru