BPBD DKI: Peringatan dini potensi hujan disertai kilat pada 7-8 Agustus

Kamis, 06 Agustus 2020 | 21:41 WIB Sumber: Kompas.com
BPBD DKI: Peringatan dini potensi hujan disertai kilat pada 7-8 Agustus

ILUSTRASI. Awan pekat menyelimuti langit Kota Lhokseumawe, Aceh, Kamis (4/6/2020). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini agar masyarakat mewaspadai cuaca ekstrem, hujan dengan intensitas lebat disertai petir dan angin kencan


PRAKIRAAN CUACA - JAKARTA. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini potensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang puting beliung di wilayah DKI Jakarta pada tanggal 7 dan 8 Agustus 2020.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana BPBD Provinsi DKI Jakarta Sabdo Kurnianto mengatakan, peringatan dini ini bersumber dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) agar masyarakat lebih waspada dan mempersiapkan diri.

"Kami mengimbau agar masyarakat dapat mengantisipasi dan menyiapkan segala sesuatunya untuk menjaga diri dari hujan angin," ucap Sabdo dalam keterangannya, Kamis (6/8).

Baca Juga: Cuaca besok di Jabodetabek sebagian masih berpotensi hujan, sedia payung

Sabdo menjelaskan, penyebab dari hujan angin ini lantaran pusat tekanan rendah terpantau di Laut China Selatan (1006 hPa) yang membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Laut China Selatan.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Laut Banda bagian utara hingga perairan Pulau Ambon dan dari Samudera Pasifik utara Papua hingga Papua Barat bagian selatan.

"Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di sekitar wilayah pusat tekanan rendah dan daerah konvergensi tersebut," kata dia.

Ia mengaku telah mengimbau kepada para camat dan lurah di daerah rawan banjir atau longsor agar antisipasi dengan menyiagakan Petugas Prasana dan Sarana Umum (PPSU) dan Satgas Banjir atau Dinas Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan.

"Masyarakat dapat menghubungi 112 apabila membutuhkan bantuan," tambahnya. (Ryana Aryadita Umasugi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BPBD Keluarkan Peringatan Dini Hujan Disertai Angin Kencang di Jakarta",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru