Bupati Bogor cari investor untuk membangun jalur tambang di Parungpanjang

Minggu, 30 Desember 2018 | 14:53 WIB   Reporter: kompas.com
Bupati Bogor cari investor untuk membangun jalur tambang di Parungpanjang

ILUSTRASI. Jalan tol Cijago


INVESTASI - BANDUNG. Bupati Bogor Ade Yasin berjanji menuntaskan polemik jalur tambang di Parungpanjang dengan membuat jalur khusus angkutan tambang. Pihaknya berencana mencari investor untuk membiayai proyek tersebut. 

"Nah jalan tambang ini membutuhkan biaya yang besar. Kami di Kabupaten Bogor agak berat barangkali kalau lihat APBD, kami minta provinsi dan provinsi pun kelihatan masih dibahas. Jadi solusinya kami sambil cari investor, barangkali ada yang mau buat jalan tambang swasta," ujar Ade usai dilantik menjadi Bupati Bogor di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Jawa Barat, Minggu (30/12). 

Ade yang juga Ketua DPW PPP Jabar itu mengatakan, pembangunan jalur tambang diprediksi menghabiskan biaya Rp 175 miliar untuk satu jalur sepanjang 18,5 kilometer. "Sudah ada kebutuhan jalan dari Lebakwangi-Parungpanjang itu sekitar 18,5 kilometer, 5 kilometernya masuk ke Perhutani, artinya ada 13,5 kilometer jalan masyarakat. Ini membutuhkan dana sekitar Rp 175 miliar," tuturnya. 

Ia menambahkan, jalur khusus tambang akan dikenakan tarif. Dia mengatakan, usulan itu sudah disetujui para pengusaha tambang. "Maksudnya jalan swasta ini jalan berbayar tol dan pengusaha di sana tidak keberatan harus berbayar, yang penting jelas," ujarnya. (Dendi Ramdhani)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bupati Bogor Cari Investor Bangun Jalur Tambang di Parungpanjang"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru