Bupati Mimika marah Menteri Jonan pimpin Upacara HUT RI di area Freeport, kenapa?

Sabtu, 17 Agustus 2019 | 19:25 WIB Sumber: Kompas.com
Bupati Mimika marah Menteri Jonan pimpin Upacara HUT RI di area Freeport, kenapa?

ILUSTRASI. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan


PAPUA - TIMIKA. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignatius Jonan memimpin upacara peringatan HUT ke-74 RI di dataran tinggi Tembagapura, Mimika, Papua, area PT. Freeport Indonesia. 

Menteri Jonan bersama Direktur Utama PT. Freeport Indonesia Tony Wenas beserta rombongan tiba di Timika, Jumat (16/8), menggunakan pesawat Airfast Indonesia. Kedatangan Menteri Jonan untuk menjadi inspektur upacara di area Freeport pagi ini Sabtu 17 Agustus. 

Baca Juga: Amankan HUT RI, polisi siagakan Densus 88 dan ribuan personel di DKI

Kehadiran Jonan ternyata mengundang protes dari Bupati Mimika Eltinus Omaleng. Meski kedatangan rombongan Menteri Jonan atas undangan langsung Freeport, Eltinus mengatakan seharusnya pemerintah daerah setempat diberi informasi. 

"Yang kita sesalkan kenapa tidak singgah di pemda, kalau terjadi apa-apa di atas siapa yang mau tanggung jawab," kata Bupati Eltinus usai mengukuhkan Paskibra Mimika, Jumat malam. 

Apalagi, kata Eltinus, area Freeport di Tembagapura merupakan daerah rawan yang sering terjadi teror penembakan oleh kelompok separatis bersenjata, terutama saat momentum 17 Agustus. 

"Daerah sana (Tembagapura) itu daerah tembak menembak, tiba-tiba kalau putus (hadang) jalan mau bikin apa? Bilang, Pak Bupati marah sekali," tegas Eltinus. 

Baca Juga: Antisipasi pergerakan KKB dari Nduga, pasukan TNI disebar, termasuk di Freeport

Bupati Eltinus mengaku, dirinya baru mendapatkan informasi kedatangan Menteri Jonan itu pun melalui pesan singkat pada Jumat sore. "Sore tadi baru saya dapat pesan bilang Pak Bupati kami izin mau kunjungan ke atas, Tembagapura," katanya. 

Bupati Eltinus sendiri pagi ini bertindak sebagai inspektur upacara HUT RI di halaman pusat Kantor Pemerintahan Pemkab Mimika. (Kontributor Kompas TV Timika, Irsul Panca Aditra)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bupati Mimika Marah Menteri Jonan Pimpin Upacara HUT RI di Area Freeport, Apa Alasannya?"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru