Corona di Belitung: Sempat zona hijau, kini muncul tiga kasus baru

Minggu, 24 Mei 2020 | 12:07 WIB Sumber: Kompas.com
Corona di Belitung: Sempat zona hijau, kini muncul tiga kasus baru

ILUSTRASI. Petugas mengoperasikan alat tes Polymerase Chain Reaction (PCR)


VIRUS CORONA - JAKARTA. Status zona hijau yang disandang Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, tidak bertahan lama. 

Dalam hitungan jam setelah seluruh pasien positif Covid-19 dinyatakan sembuh, ternyata muncul kasus positif baru yang melibatkan tiga pasien sekaligus. 

Ketiganya disebut pasien 921, pasien 923 dan 931. "Pasien 921 dan 923 memiliki riwayat perjalanan ke Banglades," ujar Direktur RSUD Marsidi Judono Hendra dalam keterangan tertulis, Sabtu (23/5). 

Baca Juga: Presiden Jokowi salat Id di Istana Bogor bersama keluarga dan pegawai istana

Sedangkan, pasien 931 pernah mengikuti pelatihan di Jawa Barat dan sering berbelanja ke pasar. Hendra menuturkan, ketiga pasien kini menjalani perawatan isolasi di RSUD Marsidi Judono. 

Pasien dalam kondisi stabil dan tidak menunjukkan gejala klinis terkait Covid-19. Pemeriksaan sampel tenggorokan (swab) dilakukan dengan sistem tes cepat molekular (TCM) metode real time PCR yang ada di RSUD Marsidi Judono. 

Sebenarnya, rumah sakit melakukan pemeriksaan terhadap empat pasien. Namun, hanya tiga yang memperlihatkan hasil positif dan satu hasilnya negatif. 

Terkait kasus tersebut, Tim Gugus Tugas Belitung mengimbau masyarakat yang pernah berinteraksi dalam satu ruangan atau dalam satu angkutan transportasi dengan pasien agar segera memeriksakan diri. 

Baca Juga: Kenang bulan Ramadhan, Sri Mulyani: Kita lewati dengan momen tidak biasa

"Untuk pencegahan, kami juga mengimbau agar tetap physical distancing, menggunakan masker dan menghindari kerumunan," ucap Hendra. 

Dengan adanya tiga kasus baru tersebut, maka tercatat sebanyak delapan pasien positif Covid-19 di Belitung. Sebanyak lima di antaranya telah dinyatakan sembuh. (Heru Dahnur)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Zona Hijau Belitung Tak Bertahan Lama, Ada Klaster Corona dari Bangladesh".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru