Dalam sepekan, 23 ekor ular ditemukan di area perumahan warga Lenteng Agung

Senin, 14 Januari 2019 | 20:47 WIB Sumber: Kompas.com
Dalam sepekan, 23 ekor ular ditemukan di area perumahan warga Lenteng Agung


DKI JAKARTA - JAKARTA. Total 23 ekor ular di temukan warga Lentang Agung, Jakarta Selatan dalam kurun waktu sepekan. Penemuan itu bermula pada hari Senin (6/1) lalu saat warga berhasil mengamankan seekor ular jantan. 

"Awalnya warga ada menemukan ular di situ, ukurannya kurang lebih sekitar 3 meter," kata Lurah Lenteng Agung Satia saat dihubungi Kompas.com, Senin (14/1).

Ular tersebut kemudian mati karena stres setelah ditangkap warga setempat. Selang tiga hari kemudian atau pada Kamis (10/1), warga awalnya menemukan seekor anak ular di sebuah tempat pembuangan sampah. Namun ternyata, ada sekitar 14 ular. 

"Awalnya kan warga takut, enggak ada yang berani, dipanggil damkar (pemadam kebakaran) dan dari komunitas satwa. Begitu diangkat di bawah saluran air itu ternyata ada sekitar 14 ekor dengan yang pertama dilihat tadi," jelas Satia. 

Warga yang masih merasa khawatir kemudian melanjutkan pencarian hingga ditemukan 7 ekor anak ular lagi di keesokan harinya. Kemudian pada Minggu (13/1) malam, warga menemukan induk dari ular-ular tersebut di pipa saluran air rumah milik salah seorang warga. 

"Pagi-pagi jam 05.00 sudah datang Damkar berusaha untuk mencari, pas disorot di lubang itu kelihatan tuh di dalam ada," kata Satia. 

Ular itu kemudian diamankan oleh petugas damkar setelah membongkar saluran air rumah warga tersebut. Satia memprediksi ular-ular itu berasal dari saluran-saluran air besar yang berada di sekitar lokasi tersebut. 

"Memang agak jauh dari situ, itu ada saluran air yang lebih besar, Kali Pulo ya, itu Kali Pulo itu sangat mungkin (ular datang), kalau ke depan juga di jalan raya juga ada saluran air juga mungkin (ular) dari situ," jelasnya. 

Satia kemudian berencana untuk mengajak warganya untuk membersihkan saluran-saluran air demi mencegah kejadian yang sama terulang kembali. "Selanjutnya kami punya rencana untuk membongkar daerah situ, saluran (air) di situ, terutama (juga) untuk melancarkan saluran air," katanya. (Jimmy Ramadhan Azhari)

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dalam Sepekan, 23 Ular Ditemukan di Area Perumahan Warga Lenteng Agung"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru