Dampak revitalisasi, 205 pohon dipindahkan dari Monas

Senin, 20 Januari 2020 | 14:18 WIB Sumber: Kompas.com
Dampak revitalisasi, 205 pohon dipindahkan dari Monas

Suasana pembangunan Plaza Selatan Monumen Nasional (Monas) di Jakarta, Senin (20/1/2020).


DKI JAKARTA - JAKARTA. Sebanyak 205 pohon di sisi selatan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, telah dicabut dari tempatnya dan dipindahkan ke tempat lain di kawasan itu. 

Lahan di lokasi tersebut tampak gundul, Senin (20/1). Pohon-pohon yang sebelumnya memenuhi sisi selatan Monas tidak terlihat. Yang tampak hanya tanah merah. Selain itu ada pagar besi yang mengelilingi kawasan tersebut. Tampak pula beton-beton sedang dibangun di dalam pagar itu. 

Kepala Unit Pelaksana Teknis Monas, Isa Sanuri mengatakan, kawasan Monas sedang dalam pengerjaan revitalisasi. Lebih lanjut, ada 150 pohon ukuran besar dan 55 ukuran pohon kecil yang ditebang terkait dengan proyek revitalisasi itu. 

Baca Juga: Kerugian dunia usaha akibat banjir 2020 capai Rp 1 triliun

"Itu sebenarnya bukan ditebang begitu saja. Jadi pohon-pohon itu akan dipindahkan. Kalau tidak bisa dipindahkan akan kami buat baru (pohon-pohon)," kata Isa, Senin (20/1).

Isa menambahkan, sebanyak 150 pohon akan dipindahkan ke pelataran selatan. Sementara, 55 pohon kecil dipindahkan ke bagian timur dan barat. "Yang jelas tidak sekedar dipindahkan, tapi kami jadikan ruang terbuka hijau," kata dia. 

Ia belum mau menjelaskan lebih rinci soal konsep revitalisasi itu. "Ini kami sedang rapatkan, karena itu kan bagian Dinas Citata, Dinas Kehutanan. Nanti setelah rapat agar satu pintu baru dijelaskan detailnya," pungkas Isa. (Cynthia Lova)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ada Proyek Revitalisasi, 205 Pohon di Monas Dipindahkan"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru