Dana habis untuk tangani Covid-19, Pemkot Bekasi tak perbaiki jalan rusak tahun ini

Selasa, 21 Juli 2020 | 22:27 WIB Sumber: Kompas.com
Dana habis untuk tangani Covid-19, Pemkot Bekasi tak perbaiki jalan rusak tahun ini

ILUSTRASI. Dana habis untuk tangani Covid-19, Pemkot Bekasi tak perbaiki jalan rusak tahun ini. ANTARA FOTO/Risky Andrianto/ama.


PROYEK INFRASTRUKTUR - JAKARTA. Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi atau Pepen mengatakan, Pemerintah Kota Bekasi tidak punya dana perbaikan jalan rusak pada sisa tahun ini. Perbaikan jalan rusak harus ditunda ke tahun depan. 

Pepen mengatakan, itu terjadi karena alokasi dana pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Bekasi 2020 telah alihkan untuk percepatan penanganan Covid-19. Dana yang seharusnya dianggarkan untuk perbaikan jalan rusak dipakai untuk menangani Covid-19. “Ya orang APBD-nya terpotong kan pasti terganggu (perbaikan jalan),” ucap Pepen di Bekasi, Selasa (21/7/2020). 

Ia mengatakan, dana APBD tahun 2020 ini hanya cukup untuk pemeliharaan jalan di Bekasi. Namun, ia tak menyebutkan secara detail berapa anggaran APBD yang tersisa untuk pemeliharaan jalan tersebut. “Sekarang kan APBD itu enggak ada lagi kerjaan yang strategis kecuali pemeliharaan jalan,” kata Rahmat. 

Baca Juga: Pemulihan ekonomi jadi fokus pertemuan para Menkeu dan Bank Sentral anggota G20

Ia mengatakan, Pemkot Bekasi dalam waktu dekat hanya bisa memperbaiki Jalan Gusti Ngurah Rai, yang berbatasan langsung dengan Jakarta. “Ada mau dikerjakan itu yang Ngurah Rai, dana sisa bantuan DKI Jakarta. Itu lagi disusun, sudah mau ditender. Itu nanti sisa bantuan DKI kita selesaikan untuk itu,” ucap dia. 

Selain Jalan Gusti Ngurah Rai, tidak ada lagi perbaikan jalan rusak pada tahun ini. “Insya Allah (tahun depan) ya kan sudah enggak ada lagi APBD-nya, mau diapain,” ujar dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dana Habis, Pemkot Bekasi Tak Perbaiki Jalan Rusak Tahun Ini"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru