Depok masih marak begal, polisi imbau masyarakat waspada jika jalan sendiri

Selasa, 05 Maret 2019 | 15:42 WIB Sumber: Kompas.com
Depok masih marak begal, polisi imbau masyarakat waspada jika jalan sendiri


KEPOLISIAN - DEPOK. Tiga orang begal ditangkap Polresta Depok pada Sabtu (2/3) pukul 02.00 WIB. Mereka adalah MR (14), Yahya (20), dan Sulistiono (22).

Sulis, salah satu pelaku begal mengaku mengincar masyarakat yang berjalan sendirian di tempat yang sepi. “Ngeliatin saja kalau warga yang kondisinya sendiri. Kalau ramai-ramai tidak berani,” ucap Sulis di Polresta Depok, Selasa (5/3).

Para pelaku begal ini membawa senjata tajam untuk menakut-nakuti warga yang hendak menjadi sasarannya. “Saya hanya nakut-nakutin doang, dikeluarin doang celuritnya buat nodong ponsel ke korban. Tidak ngelukain korban,” ucapnya.

Ponsel yang berhasil diambilnya dijual melalui online dengan harga yang bervariasi. “Saya jualnya di online terus hasilnya dibagi rata ke teman-teman yang lainnya,” ujarnya.

Wakapolresta Depok AKBP Arya Perdana mengimbau agar masyarakat tidak keluar rumah sendirian saat malam hari. “Sebenarnya kalau tidak ada keperluan mendesak tidak usah keluar rumah. Jaga diri sendiri, tidak usah keluar kalau tidak ada kepentingan. Tidak usah nongkrong-nongkrong,” ujarnya.

Apabila berjalan sendirian, masyarakat diharapkan waspada dan tidak memamerkan barang-barang yang dipunya. “Kalau bisa jangan berada di tempat-tempat yang sepi dan gelap. Jangan juga pamerkan barang-barang yang dipunya. Itu memancing orang berbuat jahat,” ujarnya.

Menurut Arya, biasanya para pelaku begal mempunyai motif yang beragam. Salah satunya kebutuhan ekonomi dan pergaulan.

“Pelaku motifnya macam-macam, ada yang melakukan kejahatan karena mabuk, karena kebutuhan ekonomi, karena kebiasaan (nongkrong) juga,” ujarnya.

Ia berharap Pemerintah Kota Depok dapat memasang CCTV di tempat-tempat yang gelap dan sepi.

“Coba kalau semua gedung punya CCTV yang keluar, kami siapkan server, kami awasi, kalau ada kejadian pasti bisa ketahuan pelakunya. Penangkapan kejahatan jadi lebih mudah,” tuturnya.

Pengakuan para pelaku, mereka telah melakukan aksinya sebanyak lima kali di sejumlah daerah yang ada di Cimanggis, Depok. Saat ini, mereka masih ditahan di Polsek Cimanggis. (CYNTHIA LOVA)


Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Depok Masih Marak Begal, Polisi Imbau Masyarakat Waspada jika Jalan Sendiri"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru