Detergen cemari sungai, Anies akan atur usaha cuci mobil dan laundry

Kamis, 03 Januari 2019 | 14:12 WIB   Reporter: Tendi Mahadi
Detergen cemari sungai, Anies akan atur usaha cuci mobil dan laundry

ILUSTRASI. Pencemaran Sungai Citarum


DKI JAKARTA - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan mengatur usaha cuci mobil dan laundry di Jakarta. Salah satu yang akan diatur adalah terkait lokasi dan pengolahan limbah kedua jenis usaha tersebut.

Limbah detergen, termasuk yang dihasilkan usaha cuci mobil dan laundry, dinilai telah mencemari sungai dan kali di Jakarta. Termasuk Kali Sentiong atau Kali Item di Jakarta Pusat hingga Jakarta Utara.

"Kita di Jakarta akan mengatur juga tentang di mana-mana saja, di mana kita boleh melakukan pencucian mobil, tempat laundry, pengolahan air limbah hasil pencucian mobil dan hasil laundry," ujar Anies di kawasan Pondok Kopi, Jakarta Timur, Kamis (3/1/2019).

Solusi lain yang akan dilakukan Pemprov DKI Jakarta untuk mengatasi pencemaran detergen di sungai yakni dengan membangun instalasi pengolahan air limbah (IPAL) di perkampungan warga. Dengan demikian, limbah rumah tangga diharapkan tidak lagi dibuang ke kali dan sungai."(Solusinya) penggunaan IPAL di kampung-kampung," kata Anies.

Di luar solusi yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta, Anies berharap Kementerian Perindustrian dan Kementerian Perdagangan juga mengkaji ulang standar penggunaan bahan-bahan detergen. Pemerintah pusat harus mengatur penggunaan detergen ramah lingkungan.

"Nomor satu hulunya, istilahnya adalah soft detergent, bukan hard detergent. Ini sudah harus dipikirkan. Saya berharap Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, me-review kembali standar itu karena ini dirasakan di seluruh Indonesia," ucap Anies.

Sebelumnya diberitakan, tumpukan busa tebal berwarna putih menutupi permukaan Kali Sentiong yang berada di samping Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (2/1) pagi. (Nursita Sari)

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Detergen Cemari Sungai, Anies Akan Atur Usaha Cuci Mobil dan Laundry"

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru