Detik-detik menegangkan Bakamla usir kapal coast guard China dari Natuna

Selasa, 15 September 2020 | 04:23 WIB Sumber: Kompas.com
Detik-detik menegangkan Bakamla usir kapal coast guard China dari Natuna


LAUT CHINA SELATAN - JAKARTA. Situasi di Laut Natuna Utara sempat tegang. Pasalnya, kapal coast guard China memasuki wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia di kawasan tersebut.

Meski demikian, kapal KN Pulau Nipah-321 milik Badan Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia berhasil mengusir kapal coast guard China dari wilayah ZEE Indonesia, tepatnya di Laut Natuna Utara, Kepulauan Riau, Senin (14/9/2020).

Dalam upaya pengusiran itu, personel KN Pulau Nipah sempat bersitegang dengan kapal China melalui radio karena saling menegaskan posisi dan klaim atas wilayah laut tersebut.

"Kapal Coast Guard China 5204 akhirnya bergerak keluar ZEE Indonesia dengan dibayang-bayangi KN Pulau Nipah-321 pada siang hari, Senin (14/9/2020) usai bersitegang melalui radio," ujar Kabag Humas dan Protokol Bakamla RI Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita dalam keterangan tertulis, Senin (14/9/2020).

Baca Juga: Indonesia layangkan protes setelah Coast Guard China terobos Laut Natuna Utara

Untuk memastikan kapal China benar-benar keluar dari wilayah ZEE Indonesia, KN Pulau Nipah kemudian melakukan pengamatan bersama KRI Imam Bonjol-383. KRI Imam Bonjol hadir ketika melaksanakan patroli untuk membantu kapal Bakamla pada jarak dua hingga tiga Nautical Mile (NM).

Setelah CCG 5204 hilang dari pandangan, KN Pulau Nipah 321 melanjutkan patroli di wilayah perbatasan ZEE Indonesia. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi sekaligus secara konsisten sekaligus menunjukkan kehadirannya di ZEE Indonesia.

Baca Juga: Natuna jadi garis terdepan sengketa wilayah RI vs Tiongkok di Laut China Selatan

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru