Di Magelang, Sandiaga Uno penasaran dengan tempe gembus yang mirip teropong

Sabtu, 17 November 2018 | 20:29 WIB   Reporter: kompas.com
Di Magelang, Sandiaga Uno penasaran dengan tempe gembus yang mirip teropong

ILUSTRASI. SADIAGA UNO


SANDIAGA UNO - MAGELANG. Calon wakil presiden Sandiaga Solahuddin Uno melakukan blusukan ke Pasar Rejowinangun, Kota Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (17/11). Di pasar tradisional itu, Sandi, panggilan akrab Sandaiga, menemukan tempe gembus yang dijual oleh beberapa pedagang di pasar ini. 

"Apa ini?" tanya Sandi kepada seorang pedagang bernama Walimah, "Ini tempe gembus, terbuat dari ampas tahu (kedelai)," jawab Walimah. "Mirip teropong ya, untuk meneropong masa depan. Insya Allah ekonomi kita lebih cerah kalau kita teropong," sahut Sandi sambil memperagakan tempe gembus layaknya alat teropong. 

Pada kesempatan itu, Sandi langsung membeli beberapa tempe gembus untuk dibawa pulang. Ia mengaku penasaran, dan ingin segera mencicipinya. Harga tempe gembus sangat murah, hanya Rp 5.000 per potong. 

"Baru pertama kali lihat ini, belum pernah merasakan. Ini inovasi dari masyarakat, dari UKM. Penasaran rasanya," lanjut mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu. Pada kesempatan itu, Sandi berdialog dengan sejumlah pedagang. 

Menurut Sandi, ada pelemahan ekonomi yang mengakibatkan omzet pedagang dan daya beli masyarakat menurun. Pihaknya berharap pelemahan ekomoni ini tidak membuat patah semangat masyarakat untuk membangkitkan lagi ekonomi Indonesia. 

"Ibu Suryanti (pedagang) tadi bilang walaupun gejolak dollar, krisis di luar negeri, mudah-mudahan tidak terjadi negatif di Indonesia. Kita harus bangkit, jaya, kita punya sumber alam, sumber daya manusia sehingga ekonomi bisa berkembang," katanya. 

Dengan demikian, lanjut Sandi, para pedagang kecil bisa bangkit usahanya, mampu membuka lapangan kerja seluas-luasnya, dan penghasilan masyarakat bertambah. Selain di Pasar Rejowinangun, calon wakil presiden nomor urut 2 itu juga melakukan kunjungan ke sentra kerajinan tanduk di Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, mencicipi nasi gudeng, hingga kuliner kupat tahu di warung langganan Susilo Bambang Yudhoyono di kawasan Alun-alun Kota Magelang. (Ika Fitriana)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Di Magelang, Sandiaga Uno Penasaran dengan Tempe Gembus yang Mirip Teropong"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru