Dua hotel ini sudah siap jadi tempat isolasi mandiri pasien Covid-19 di DKI Jakarta

Senin, 28 September 2020 | 16:26 WIB   Reporter: Ratih Waseso
Dua hotel ini sudah siap jadi tempat isolasi mandiri pasien Covid-19 di DKI Jakarta

ILUSTRASI. Hotel. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/aww.


VIRUS CORONA - JAKARTA. Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Fify Mulyani menuturkan bahwa melihat dari masih adanya pertambahan pasien virus corona (Covid-19) di DKI Jakarta, maka pihaknya menyiapkan buffer atau penyangga untuk tempat isolasi mandiri khususnya bagi pasien atau orang tanpa gejala (OTG).

Fify menyebut saat ini sudah ada dua hotel yang sudah berjalan sebagai tempat isolasi mandiri. Pertama ialah Hotel Ibis Style yang berada di Mangga Dua dengan kapasitas 212 pasien dan U Stay di Mangga Besar dengan kapasitas 140 pasien. "Saat ini dibuka 2 hotel yaitu Ibis Style Mangga Dua dan U Stay Mangga Besar, sejak Minggu sudah berjalan dan sudah menerima pasien. Ibis untuk wilayah Jakarta Pusat, utara dan timur sedangkan untuk U Stay untuk wilayah Jakarta Barat dan Selatan," jelas Fify saat diskusi virtual yang digelar BNPB pada Senin (28/9).

Baca Juga: Akibat PSBB, pengusaha pusat perbelanjaan kehilangan omzet hingga Rp 200 triliun

Ia menambahkan, untuk prosedur pasien Covid-19 yang akan isolasi mandiri di hotel sama dengan prosedur isolasi mandiri di RS darurat wisma atlet. Hanya saya pasien tidak dapat memilih dimana ia dapat melakukan isolasi mandiri. Hotel tersebut, ditegaskan Fify dijadikan sebagai penyangga apabila kapasitas di wisma atlet tak mencukupi.

"Hotel full untuk isolasi mandiri Covid-19 tidak terima pengunjung umum. Prosedur sama kayak isolasi mandiri di wisma atlet tapi rekomendasi akan ditentukan oleh kita lihat dulu misal flat isolasi mandiri mau full baru dialihkan ke hotel. Pasien nggak bisa milih mau dimana," imbuhnya.

Rencananya disampaikan Fify, akan ada 18 hotel yang dijadikan sebagai tempat isolasi mandiri pasien Covid-19. Kementerian Pariwisata disebut Fify sebagai pihak yang memprakarsai dari adanya penggunaan hotel bagi isolasi mandiri pasien Covid-19.

"Ini adalah buffer atau cadangan flat isolasi prosedur sama dan dana ditanggung pemerintah. Selama ini diprakarsai oleh Kemenpar rencana ada 18, proses running baru dua. Hotel ini nggak lepas dari bantuan Pangdam, Kemenkes kerjasama dengan Kemenpar, kami Dinkes yang melakukan surveilans dan pemeriksaan epidemiologi disana," jelasnya.

Baca Juga: Bank Permata: Kantor di Bintaro Tower ditutup sementara untuk disinfektasi

Adapun terkait ketersediaan tempat tidur bagi pasien Covid-19, Fify menyebut akan ada tambahan 94 tempat tidur dan dua tempat tidur ICU. Saat ini total tempat tidur untuk isolasi pasien Covid-19 di Jakarta ialah 4.824 buah, dan 725 tempat tidur ICU.

"Terkait bed dari total bed saat ini untuk ruangan isolasi itu 4.824 bed dan ICU 725 bed. Isolasi akan ditambah 94 bed lagi dan ICU akan ditambah dua bed. Kapasitas rujukan baru juga berproses, 553 isolasi dan 28 ICU," imbuhnya.

 

Selanjutnya: UPDATE Corona Indonesia, Senin (28/9): 278.722 kasus, 206.870 sembuh,10.473 meninggal

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru