Dua penerbangan dialihkan akibat kebakaran di sekitar Bandara Kertajati

Minggu, 29 September 2019 | 16:02 WIB Sumber: TribunNews.com
Dua penerbangan dialihkan akibat kebakaran di sekitar Bandara Kertajati

ILUSTRASI. Citilink pindahkan operasional penerbangan dari Bandung ke Kertajati


PENERBANGAN - JAKARTA. Kebakaran terjadi sekitar wilayah Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Jawa Barat pada Sabtu (29/9). Akibatnya, sebanyak dua penerbangan dialihkan untuk mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta.

Sekretaris Perusahaan PT BIJB Arif Budiman mengatakan, kebakaran tersebut telah diatasi dan operasional bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II (Persero) itu sudah normal kembali.

"Iya betul (terjadi kebakaran). Alhamdullilah kemarin malam sudah teratasi dan hari ini penerbangan sudah normal," kata Arif saat dikonfirmasi Tribunnews.com, Minggu (29/9).

Baca Juga: Ini rencana Astra Infra untuk setiap jaringan jalan tolnya

Adapun dua penerbangan yang dialihkan, yakni penerbangan maskapai Lion Air JT 950 rute Batam – Kertajati dan JT 902 rute Deliserdang-Kertajati. Kedua penerbangan itu mendarat di Soekarno-Hatta.

Sementara itu, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan mengimbau kepada seluruh penyelenggara bandar udara untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiap siagaan personel terhadap hal-hal yang dapat menjadi kendala jalannya operasional penerbangan.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Nur Isnin Istiartono menyampaikan, sangat diperlukan kewaspadaan dan kesiapsiagaaan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dan menggangu jalannya operasional penerbangan.

Baca Juga: Maskapai Arab Saudi Flynas kembali ke Indonesia, JAS siap melayani jasa servicenya

“Kami mengimbau kepada penyelenggara bandar udara, untuk melakukan pengawasan secara terus menerus untuk mengamankan bandara demi terciptanya keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan," kata Isnin dalam keterangannya.

Terkait kebakaran yang terjadi di sekitar wilayah Bandar Udara Internasional Kertajati, Isnin mengungkapkan, berdasarkan laporan yang diterima kebakaran yang terjadi di ujung landas pacu (runway) 32, dan kebakaran sudah dapat dipadamkan oleh Petugas Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemandam Kebakaran (PKP-PK). (Ria anatasia)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Kebakaran di Sekitar Bandara Kertajati, 2 Penerbangan Dialihkan"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru