Dukung pengembangan SDM, Askrindo gelar pelatihan 1.000 guru Paud di 3 kota

Sabtu, 03 Agustus 2019 | 17:50 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Dukung pengembangan SDM, Askrindo gelar pelatihan 1.000 guru Paud di 3 kota


PENDIDIKAN -  JAKARTA. PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) menggelar Seminar Nasional dan Pelatihan gratis kepada 1.000 Guru Paud yang di selenggarakan di 3 (tiga) kota besar di Indonesia yakni Aceh, Pontianak dan Makassar. 

Seminar dan pelatihan yang difokuskan tentang bagaimana membangun Paud berkualitas yang Holistik Integratif, yaitu memberikan pelayanan yang menyeluruh dan sistematik yang meliputi pelayanan pendidikan, kesehatan, pengasuhan, perlindungan dan kesejahteraan anak usia dini.

Baca Juga: Sampai triwulan I 2019, sebanyak 28 dana pensiun disemprit OJK

Direktur Kepatuhan dan SDM Askrindo, Firman Berahima mengatakan, keberadaan guru dalam proses pembelajaran Paud memegang peranan sangat penting. Karenanya harus memiliki kompetensi yang cukup sehingga mampu menjadi fasilitator dan teladan bagi anak didiknya.

"Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) adalah suatu upaya pembinaan dalam rangka membangun pondasi kesiapan anak untuk ke jenjang pendidikan berikutnya. Paud haruslah dilaksanakan secara berencana dan sistematis agar bisa mendorong munculnya keberanian serta memotivasi anak untuk berekspresi, menyelidiki dan mencari pengalaman sehingga diharapkan dapat menciptakan anak-anak Indonesia yang sehat, cerdas ceria serta berakhlaq mulia," ujar Firman seperti dikutip dari siaran pers, Sabtu (3/8). 

Dirinya melanjutkan, kegiatan ini merupakan salah satu wujud BUMN Hadir Untuk Negeri serta wujud kepedulian Askrindo untuk membantu program pemerintah dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia melalui penguatan pendidikan anak usia dini.

Baca Juga: Tingkatkan penjualan produk, Askrindo jalin kerjasama dengan Pegadaian

"Guru guru PAUD merupakan salah satu pilar utama guna menciptakan generasi berkualitas dan mempersiapkan anak anak ini menjadi aset bangsa yang berkualitas agar kelak akan melanjutkan estafet kepemimpinan bangsa ini," ujarnya.

Ditempat yang sama, Direktur Paud Institute Danang Sasongko menyampaikan, pentingnya peran Guru Paud dalam membangun komunikasi yang baik dengan para orang tua murid.

"Orang tua dan guru guru Paud sangatlah berperan untuk pembekalan terhadap mental anak anak usia dini serta berperan terhadap tumbuh kembang anak. Kita berharap terjalin komunikasi yang baik antara guru Paud dan orang tua yang nantinya akan tercipta terintegrasi yang baik guna memberikan pembekalan kepada anak anaknya agar terhindar dari hal hal negatif serta kekerasan yang kini tengah marak terjadi," ujarnya.

Sementara itu, Walikota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono juga menekankan tentang pentingnya Paud dalam rangka membangun pondasi yang kuat pada anak untuk mempersiapkan ke jenjang pendidikan berikutnya.

Baca Juga: NasionalRe raih penghargaan atas kinerja keuangan 2018

Dirinya pun menyampaikan apresiasi kepada penyelenggara kegiatan ini, khususnya apresiasi kepada Askrindo yang telah berinisiasi dan membantu penyelenggaraannya.

Dalam kegiatan seminar dan pelatihan guru Paud ini, Askrindo juga memberikan bantuan berupa sarana dan prasarana untuk 31 Paud PKK di Pontianak senilai Rp. 166,86 juta.

Sejak tahun 2015, Askrindo secara rutin menggelar seminar dan pelatihan guru Paud, lalu lanjutkan di beberapa daerah a.l Jakarta, Nusa Tenggara Barat, Yogyakarta, Banten serta Bali.

Baca Juga: Askrindo berikan proteksi bagi tamu dan pengunjung Prambanan Jazz Festival 2019 Selain itu, Askrindo juga membantu memfasilitasi para Paud di pelosok daerah dengan kehadiran Mobil Pintar (MoPi) Askrindo yang merupakan perpustakaan keliling diperuntukan untuk anak anak usia dini yang dapat menjangkau pelosok pelosok daerah guna meningkatkan minat baca anak anak usia dini.

Hingga kini MoPi telah tersebar di 11 provinsi, yaitu Sumatera Utara, Bengkulu, DKI Jakarta, Jawa Barat, Yogjakarta, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat, Maluku dan Papua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru