Ganjar Pranowo liburkan sekolah dari TK hingga SMA selama 2 pekan ke depan

Minggu, 15 Maret 2020 | 18:07 WIB Sumber: Kompas.com
Ganjar Pranowo liburkan sekolah dari TK hingga SMA selama 2 pekan ke depan

ILUSTRASI. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo


VIRUS CORONA - SEMARANG. Kasus positif Corona di Jawa Tengah kembali bertambah. Jika sebelumnya hanya ada dua kasus, perkembangan terkini terkonfirmasi menjadi empat kasus. 

Menyikapi kondisi itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membuat kebijakan baru terkait aktivitas belajar mengajar di sekolah. Yaitu meliburkan semua jenjang sekolah dari tingkat TK hingga SMA sederajat hingga dua pekan ke depan. Termasuk menunda ujian nasional (UN) secara serentak di wilayahnya. 

Baca Juga: Jokowi minta Pemda konsultasi dengan BNPB tetapkan status daerah terkait virus corona

"Karena ada perkembangan hari ini, kami revisi keputusan itu dan memberikan pengumuman baru bahwa dilakukan penundaan ujian nasional secara serentak," kata Ganjar saat menggelar jumpa pers di rumah dinas Puri Gedeh Kota Semarang, Minggu (15/3). 

Terkait kebijakan tersebut, pihaknya mengaku sudah melakukan koordinasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta membuat surat edaran yang dikirimkan kepada stakeholder terkait. 

"Terkait ini, kami sudah sampaikan surat edaran kepada seluruh sekolah dan juga bupati/wali kota se-Jateng. Kami minta seluruh kegiatan belajar mengajar diliburkan mulai besok sampai 14 hari ke depan," kata Ganjar. 

Baca Juga: Ini alasan pemerintah belum pilih lockdown untuk hentikan penyebaran virus corona

Meski demikian, Ganjar berharap masyarakat untuk tidak panik dengan wabah virus corona tersebut. Untuk meningkatkan kewaspadaan, masyarakat diminta menjalankan pola hidup sehat dan rajin mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer. "Saya juga anjurkan untuk tidak keluar rumah kalau tidak ada urusan penting, serta hindari kerumunan-kerumunan yang ada," kata Ganjar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jumlah Kasus Positif Corona di Jateng Bertambah, Ganjar Tunda Pelaksanaan UN Sekolah"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru