Gelar Formula E, ini yang harus dipersiapkan Jakarta

Senin, 15 Juli 2019 | 11:17 WIB Sumber: Kompas.com
Gelar Formula E, ini yang harus dipersiapkan Jakarta


DKI JAKARTA - JAKARTA. Rencana Jakarta menjadi tuan rumah penyelenggaraan Formula E disambut antusias. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan pada 2020, Formula E akan hadir di Ibukota Jakarta. 

Lantas persiapan apa saja yang harus segera dilakukan Jakarta? Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia ( IMI) Sadikin Aksa mengungkapkan secara bertahap, Jakarta harus menyiapkan sirkuit untuk balapan tersebut. 

Formula E dikenal sebagai balapan mobil listrik yang menggunakan jalanan perkotaan sebagai tempat balap. Saat ini ada 12 kota di seluruh dunia seperti Hong Kong, Sanya, Roma, Paris, Berlin, New York yang menyelenggarakan balap mobil listrik ini. 

“Nanti biasanya ada desain sirkuit oleh desainer. Penyelenggara kemudian koordinasikan dengan IMI sebagai induk organisasi olahraga bermotor. Nanti kita bawa ke FIA sebagai federasi tertinggi lalu bersama-sama berdiskusi dengan pemerintah kota,” ucap Sadikin yang dihubungi Minggu (14/7). 

Sadikin menjelaskan Formula E sangat jarang dilaksanakan di sirkuit tertutup atau khusus balapan. Rata-rata ada di jalanan perkotaan dengan jarak tidak lebih dari 3 kilometer. 

Sebagai contoh jalanan Hongkong yang digunakan untuk penyelenggaraan Formula E sejauh 1,8 kilometer. Kota Roma hadir dengan panjang sirkuit 2,8 kilometer. 

Sadikin menjelaskan Formula E lebih mengutamakan pesan yang mereka bawa untuk setiap penyelenggaraan balapnya. Yakni mobilitas ramah lingkungan. 

“Berbeda dengan Formula 1 yang komersial, mereka membawa pesan bagaimana berkendara go green atau ramah lingkungan. Maka harapannya dalam penyelenggaraan nantinya juga turut membantu menurunkan polusi,” ucap Sadikin. 

Formula E pertama kali digelar pada 2014 dengan jalanan ibukota negara sebagai sirkuitnya. Saat ini ada 14 seri dengan 13 kota yang menjadi penyelenggara Formula E. 
Untuk musim 2019/2020 sudah diumumkan ada 14 race di 12 kota. Dalam pengumuman tersebut, bulan Desember 2019 masih belum diumumkan kota apa yang akan menyelenggarakan balapan tersebut. Kemungkinan akan bertambah jadwal di 2020 untuk dimasukkan Jakarta sebagai penyelenggara. (Setyo Adi Nugroho)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Gelar Formula E, Ini yang Harus Dipersiapkan Jakarta"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru