Gempa 5,8 magnitudo guncang Kepulauan Tanimbar, Maluku

Selasa, 11 Juni 2019 | 06:23 WIB Sumber: Kompas.com
Gempa 5,8 magnitudo guncang Kepulauan Tanimbar, Maluku


GEMPA - AMBON. Gempa tektonik berkekuatan 5,8 magnitudo mengguncang Kabupaten Kepulauan Tanimbar Maluku, Selasa (11/6) dinihari. Pusat gempa berada di 62 kilometer bagian utara Larat, Kepulauan Tanimbar dan 139 kilometer Baratdaya Langgur, Maluku Tenggara. 

Data yang diterima Kompas.com dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Ambon menyebutkan, gempa yang terjadi pada pukul 01.59 WIT itu berpusat pada 6,63 lintang selatan dan 131,91 bujur timur. 

Gempa tersebut terjadi di bawah laut dengan kedalaman 115 kilometer di bawah permukaan laut. BMKG menyebutkan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Sejauh ini belum ada laporan resmi terkait dampak kerusakan yang ditimbulkan dari gempa tersebut. 

Provinsi Maluku tercatat merupakan salah satu daerah rawan terhadap gempa dan tsunami di Indonesia karena Maluku berada pada pertemuan tiga lempeng besar yakni Pasifik, Indo Australia dan Eurasia. 

Lempeng Indo Australia masuk ke bawah Eurasia lalu bertemu Lempeng Pasifik. Pertemuan kedua lempeng tersebut menyebabkan terjadi patahan yang tidak beraturan, sehingga kerap memicu terjadinya gempa di wilayah Maluku. (Rahmat Rahman Patty)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gempa 5.8 Magnitudo Guncang Kepulauan Tanimbar, Maluku

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru