Gerindra dan PKS memilih Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto menjadi Cawagub DKI Jakarta

Jumat, 22 Februari 2019 | 16:12 WIB Sumber: Kompas.com
Gerindra dan PKS memilih Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto menjadi Cawagub DKI Jakarta


DKI JAKARTA - JAKARTA. Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DKI Jakarta dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra DKI menandatangani surat penetapan calon wakil gubernur DKI. 

Ketua DPD Partai Gerindra DKI Mohamad Taufik mengatakan, partainya dan PKS sepakat mencalonkan Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu sebagai wagub DKI. "Proses pengisian cawagub yang akan menggantikan Pak Sandi (Sandiaga Uno), alhamdulilah kami telah sepakat dan menerima usulan yang telah disepakati hasil fit and proper test," kata Taufik di Restoran Al Jazeerah, Jakarta Pusat, Jumat (22/2). 

Sebelum menyepakati dua nama ini dengan PKS, pihaknya sudah menyampaikan ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. "Sudah dua hari lalu ketemu Pak Anies. (Rencananya) kami serahkan Senin pagi pukul 10.00," ujarnya.  

Ketua DPW PKS DKI Syakir Purnomo mengatakan, DPP PKS juga telah menyetujui pemilihan Agung dan Syaikhu. Setelah ini, Gerindra dan PKS DKI bakal meminta tanda tangan ketua umum dan sekretaris jenderal mereka masing-masing. "Kalau Sabtu Ahad ini tuntas, insya Allah kami kirimkan surat ke gubernur," ujar Syakir. 

PKS dan Gerindra bakal menyerahkan surat rekomendasi tersebut ke Gubernur Anies. Anies kemudian harus menyerahkan dua nama tersebut ke DPRD DKI untuk divoting oleh para anggota dewan. Adapun sebelumnya, tiga kandidat dari kader PKS telah mengikuti uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) untuk menilai kemampuan dan pengetahuan ketiga kandidat. 

Ketiganya yakni Sekretaris DPW PKS DKI Agung Yulianto, mantan Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu, dan Ketua Fraksi PKS di DPRD DKI Abdurrahman Suhaimi. (Nibras Nada Nailufar)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gerindra-PKS Pilih Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto Jadi Cawagub DKI"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru