Gerindra: Dua cawagub DKI yang diumumkan PKS masih bisa berubah

Kamis, 14 Februari 2019 | 20:55 WIB   Reporter: kompas.com
Gerindra: Dua cawagub DKI yang diumumkan PKS masih bisa berubah


DKI JAKARTA - JAKARTA. Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta Mohamad Taufik mengatakan, dua nama calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta yang telah diumumkan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) masih bisa berubah. 

Dua nama yang dimaksud yakni kader PKS Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu. "Itu kan (pengumuman) sepihak. Mana ada begitu mekanismenya," ujar Taufik saat dihubungi, Kamis (14/2). Taufik menyampaikan, mekanisme yang benar yakni Gerindra dan PKS harus merembukkan hasil uji kepatutan dan kelayakan ( fit and proper test) tiga kandidat cawagub terlebih dahulu. 

Kedua partai tidak bisa menerima mentah-mentah penilaian tim panelis fit and proper test. Sebab, dari tiga nama kandidat yang mengikuti fit and proper test, ada yang direkomendasikan menjadi cawagub, ada yang dipertimbangkan, dan ada yang tidak direkomendasikan. 

"Apakah yang dipertimbangkan itu mesti kami masukin (dipilih menjadi cawagub) atau enggak, itu mesti didiskusikan," kata Taufik. Menurut Taufik, Gerindra dan PKS akan bertemu pada Sabtu (16/2) sore untuk membahas hasil fit and proper test itu. 

Dia belum bisa memastikan pertemuan itu akan langsung menghasilkan dua nama cawagub DKI pengganti Sandiaga Uno. "Tergantung nanti hasilnya apa. Kalau sepakat (dua nama cawagub), ayo. Kalau enggak sepakat, misalnya cuma satu (nama) sepakatnya, ya nyari satu lagi. Bisa kayak begitu kan," ucap Taufik. 

DPW PKS DKI Jakarta mengumumkan nama Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu sebagai cawagub DKI Jakarta pada Senin (11/2) sore. Dua nama itu disebut telah disepakati oleh PKS dan Gerindra untuk diserahkan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

Namun, PKS kemudian mengklarifikasi bahwa dua nama cawagub itu belum final. Keputusan akhir soal dua nama cawagub itu masih akan dibahas bersama Gerindra. Setelah final, dua nama cawagub akan diserahkan kepada Anies. 

Anies kemudian akan mengusulkan dua nama itu kepada DPRD DKI Jakarta. DPRD DKI nantinya memilih wagub baru pendamping Anies melalui mekanisme pemungutan suara (voting) anggota Dewan dalam rapat paripurna. (Nursita Sari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gerindra Sebut 2 Cawagub DKI yang Diumumkan PKS Bisa Berubah"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru