Gubernur Anies Baswedan blusukan di laboratorium corona Jakarta akhir pekan ini

Sabtu, 01 Agustus 2020 | 22:27 WIB   Reporter: Syamsul Ashar
Gubernur Anies Baswedan blusukan di laboratorium corona Jakarta akhir pekan ini

ILUSTRASI. Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan mengunjungi salah satu Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) milik Pemprov DKI Jakarta di Rawasari, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Sabtu(1/8). Labkesda DKI Jakarta merupakan salah satu UPT Dinas Kesehatan Pr


ANIES BASWEDAN - JAKARTA.  Akhir pekan ini Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan kembali blusukan untuk mengecek kesiapan laboratorium dalam upaya meningkatkan pengetesan pasien virus corona di Jakarta.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi salah satu Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) milik Pemprov DKI Jakarta di Rawasari, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Sabtu(1/8). 

Labkesda DKI Jakarta merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta yang ditetapkan Menteri Kesehatan menjadi salah satu laboratorium pemeriksaan sampel Covid-19 berbasis polymerase chain reaction atau (PCR).

Dalam kunjungannya Gubernur Anies melihat secara langsung proses pengujian sampel tes PCR corona di Jakarta hingga mendapatkan hasil akhir pemeriksaan Covid-19. 

“Karena ini (hasil tes Covid-19) selalu dibicarakan, dibahas, dan alhamdulilah apa yang dibangun jejaring Labkesda ini sekarang menjadi ujung tombak terpenting di dalam menghadapi wabah yang sama-sama kita hadapi,” ungkap Gubernur Anies Baswedan usai peninjauan.

Gubernur Anies Baswedan blusukan di laboratorium corona Jakarta akhir pekan ini

Pada kesempatan itu Gubernur Anies Baswedan juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi terhadap para petugas kesehatan atas totalitasnya dalam melakukan pengujian sampel corona di Jakarta. 

Sehingga, saat ini Provinsi DKI Jakarta mampu memiliki kapasitas testing empat kali lipat dari standar yang ditetapkan WHO.

"Saya datang ke sini ingin melihat langsung dan mengucapkan terima kasih langsung kepada Ibu/Bapak yang sudah bekerja luar biasa selama beberapa bulan ini. Kita itu sudah lama bekerja bersama, tapi kita lihatnya dari jauh terus. Namun jauh di mata dekat di hati,"  ucap Gubernur Anies Baswedan.

Gubernur Anies Baswedan blusukan di laboratorium corona Jakarta akhir pekan ini

Usai melihat langsung setiap proses pengujian sampel, Gubernur Anies Baswedan berharap masyarakat dapat mengetahui upaya yang yang telah dilakukan Labkesda dalam pengujian sampel. 

Lebih lagi Gubernur Anies Baswedan metode yang dilakukan di Labkesda DKI Jakarta dapat menjadi rujukan bagi daerah lain.

Gubernur Anies Baswedan blusukan di laboratorium corona Jakarta akhir pekan ini

"Kalu lihat bulan Maret 2020 sungguh tidak terbayangkan sekarang kami  bisa melakukan testing sebanyak ini. Sebuah kegiatan yang dulunya tak dikejar waktu, kini kecepatan dan volume menjadi penentu," kata Anies Baswedan. 

Gubernur Anies Baswedan juga menyebut kegiatan di lab ini adalah masalah kemanusiaan yang dihadapi di semua wilayah. 

"Kalau kita bisa berbagi pengalaman (urusan testing Covid-19) maka mudah-mudahan bisa mengikuti rute yang pernah kita hadapi,” papar Gubernur Anies Baswedan bangga.

Pada kesempatan itu Gubernur Anies Baswedan juga berpesan kepada seluruh petugas kesehatan yang bekerja di Laboratorium agar terus menjaga integritas dan kesehatan diri masing-masing.

“Terpenting sekarang tolong jaga kualitas dari proses itu agar tidak tergeser. Begitu besar amanah yang dititipkan kepada Bapak/Ibu semua," kata Gubernur Anies Baswedan.
 
Ke depan Gubernur Anies Baswedan masih melihat pandemi virus corona ini belum reda cepat. 

"Jadi harus kita jaga stamina supaya tetap memberikan karya yang prima dalam masa pandemi ini. Dan di sini jaga kesehatan. Kita ingin pastikan masyarakat sehat dan Ibu/Bapak sehat juga," kata Gubernur Anies Baswedan.

SELANJUTNYA>>>

Editor: Syamsul Azhar

Terbaru