Gubernur Anies kunker ke Jepang, kembali 22 Mei 2019 besok

Selasa, 21 Mei 2019 | 09:46 WIB Sumber: Kompas.com
Gubernur Anies kunker ke Jepang, kembali 22 Mei 2019 besok


DKI JAKARTA - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan kunjungan kerja ke Tokyo, Jepang. Menurut rencana, ia baru kembali pada Rabu (22/5). 

"Gubernur Anies akan langsung menuju Jakarta pada 21 Mei besok, sehingga pada 22 Mei, Gubernur Anies sudah aktif dan berada di Jakarta," demikian bunyi siaran pers dari Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Provinsi DKI Jakarta, Selasa (21/5). 

Adapun kunjungan Anies ke Jepang untuk menghadiri pertemuan tahunan tingkat tinggi gubernur dan walikota Urban-20 (U20). Anies mengatakan, pertemuan U20 sangat penting sebab menjadi sarana diskusi pemimpin kota-kota peserta G20. 

“Pemimpin dari kota-kota global hadir. Jakarta juga berpartisipasi untuk terus menunjukkan, kita siap menjadi salah satu kota global di kawasan Asia," ujar Anies.

Anies dijadwalkan menjadi pembicara dalam tiga acara yang berbeda pada 20 Mei dan menjadi panelis dalam sesi pertama tentang Climate Action pada 21 Mei 2019. 

Dalam sesi tersebut, Anies akan memaparkan rencana aksi Jakarta dalam menurunkan emisi gas rumah kaca dengan melibatkan partisipasi masyarakat seperti program kampung iklim, bank sampah, pertanian kota, dan pemberdayaan ibu rumah tangga. 

Gubernur Anies juga dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Lingkungan Hidup, Wakil Menteri Pertanahanan, Infrastruktur, Perhubungan dan Pariwisata, Wakil Presiden JICA, Sekretaris Jenderal UCLG World, C40 Ambassador, dan perwakilan IFC. 

Salah satu agenda penting dalam kunjungan ini adalah penuntasan pembicaraan tentang pembangunan MRT di fase kedua. 

Selain menghadiri U20 Mayors Summit, kunjungan Gubernur ke Tokyo juga untuk merayakan Hubungan Persahabatan Kota Ke-20 antara Tokyo dan Jakarta yang telah terjalin sejak tahun 1989. (Nibras Nada Nailufar)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gubernur Anies Kunker ke Jepang, Kembali 22 Mei 2019 "

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru