Gubernur Jabar Ridwan Kamil minta Mendag dukung ekspor kopi Jabar

Selasa, 19 Maret 2019 | 13:57 WIB Sumber: Kompas.com
Gubernur Jabar Ridwan Kamil minta Mendag dukung ekspor kopi Jabar


KOPI -  BANDUNG. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendampingi Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dalam acara peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2019 di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Selasa (19/3). 

Usai acara, pria yang akrab disapa Emil itu mengajak Mendag Enggartiasto Lukita untuk berbincang sambil menikmati kopi khas Jawa Barat di Gesa Kopi. Dalam kesempatan itu, Emil pun meminta Mendag mendukung aktivitas perdagangan komoditas asal Jabar, khususnya kopi.

"Jadi saya menyampaikan ada sebuah gagasan karena Kementerian Perdagangan ini punya perwakilan dagang di tiap negara. Cuman ngantornya itu selalu di kantor yang elit di daerah yang mewah gitu, saya bilang kantornya mah di tempat dagang saja. Jadi nanti si kantor perwakilan dagang Indonesia di kafe, kafenya kopi Jawa Barat," ujar Emil.

Dengan konsep seperti itu, kata Emil, orang akan bertransaksi sambil melihat produk unggulan Jabar. "Pak menteri bersedia karena konsep selama ini terlalu formal dan dibikin lebih sesuai pasar," ungkapnya.

UMKM Jabar

Selain itu, Emil juga meminta dukungan soal ekspor barang UMKM Jabar ke Dubai. Rencana itu merupakan tindaklanjut dari kunjungan kerja Emil ke Uni Emirat Arab beberapa waktu lalu.

"Sehingga ekspor produk UMKM tidak banyak halangan karena yang akan datang ke Jawa Barat ini pembeli yang juga punya toko atau punya mal di negara itu," tuturnya.

Dalam waktu dekat, Emil akan mengundang para investor asal Timur Tengah, khususnya Landmark Group dan Lulu Group untuk melihat sejumlah barang UMKM unggulan di Jabar yang layak dipasarkan secara internasional.

Dengan demikian, para penjual kopi di Jawa barat tidak terlalu pusing dengan urusan ekspor-impor dan hal-hal lain.

"Makanya saya perintahkan ketua Kadin untuk bikin pameran tapi yang datang ke sana hanya grup ini. Jadi spesifik di desain untuk si pembeli ini bukan umum. Nanti mereka akan ngasih masukan. Termasuk kita akan seleksi keberlanjutannya, karena dia komplain pernah beli barang Indonesia tiga bulan berhenti. Jadi semangat jualan prototipenya, pas partai besar tak terpenuhi," jelasnya. (Dendi Ramdhani)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ridwan Kamil Minta Mendag Enggartiasto Dukung Ekspor Kopi Jabar", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru