Gugus Tugas: Bioskop bakal dibuka kembali karena bisa tingkatkan imunitas

Rabu, 26 Agustus 2020 | 11:16 WIB Sumber: Kompas.com
Gugus Tugas: Bioskop bakal dibuka kembali karena bisa tingkatkan imunitas

ILUSTRASI. Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan


BISNIS BIOSKOP - JAKARTA. Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, bioskop berkontribusi untuk meningkatkan imunitas masyarakat yang berkaitan dengan penanganan Covid-19. 

Pasalnya, menurut Wiku, masyarakat merasa bahagia ketika menonton film di bioskop. Perasaan bahagia itu berpengaruh pada meningkatnya imunitas tubuh yang bisa memperkecil risiko terpapar Covid-19. 

"Bahwa bioskop dan cinema memang memiliki karakteristik dan kontribusi penting terutama dalam memberikan hiburan kepada masyarakat karena imunitas masyarakat bisa meningkat karena bahagia atau suasana mental fisik masyarakat juga ditingkatkan," kata Wiku dalam konferensi pers melalui Youtube BNPB, Rabu (26/8). 

Baca Juga: Siap-siap, bioskop di Jakarta bakal segera dibuka kembali

Oleh karena itu, Satgas Penanganan Covid-19 tengah mempersiapkan pembukaan bioskop. Namun, proses pembukaan bioskop ini diperlukan waktu yang panjang, yaitu perlu ada pra kondisi, melihat waktu yang tepat. Daerah yang boleh membuka bioskop ini adalah daerah yang sudah siap dengan fasilitas protokol kesehatan.

Kemudian juga ada proses simulasi. Nantinya, para karyawan dan penonton harus menjalankan protokol kesehatan apabila bioskop kembali dibuka.

Protokol kesehatan yang wajib dijalankan adalah menggunakan masker selama berada di area bioskop dan menjaga jarak minimal 1,5 meter antar penonton. "Pada saat nanti akan dijalankan dan sudah dijalankan, harus dilakukan monitoring dan evaluasi dengan baik agar semuanya betul aman dan berjalan dengan lancar," ucap Wiku.

Selain itu, pengunjung bioskop tidak memiliki penyakit penyerta lainnya seperti penyakit jantung, kencing manis, paru, ginjal, penyakit imunitas rendah lainnya. Selain itu harus dalam kondisi sehat, tidak ada gejala batuk, demam lebih dari 38 derajat celsius, penyakit tenggorokan, flu, bersin dan sesak nafas.

Kemudian, selama menonton tidak boleh makan dan minum dan selalu menggunakan masker dari sejak awal hingga selesai, jarak antar kursi dilakukan berjarak sehingga tidak ada kontak antar pengunjung. 

“Kami menyarankan pengunjung yang datang adalah masyarakat dengan usia rentang di atas 12 tahun dan di bawah 60 tahun,” jelas Wiku.

Selain itu, nantinya kapasitas bioskop hanya 50% dan bakal selalu melakukan disemprot disinfektan ruangan bioskop saat pergantian penonton. (Rindi Nuris Velarosdela)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gugus Tugas: Bioskop Akan Dibuka Kembali karena Bisa Tingkatkan Imunitas".

Baca Juga: Bioskop di Jakarta segera di buka, ini rekomendasi Satgas Covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru