Gunung Merapi keluarkan guguran lava pijar 28 kali pada kamis (25/2) pagi

Kamis, 25 Februari 2021 | 10:01 WIB Sumber: Kompas.com
Gunung Merapi keluarkan guguran lava pijar 28 kali pada kamis (25/2) pagi

ILUSTRASI. Guguran lava. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/foc.


ERUPSI GUNUNG - YOGYAKARTA. Guguran lava pijar di Gunung Merapi terjadi 28 kali pada Kamis (25/2/2021) pukul 00.00 WIB-06.00 WIB. Jarak luncur guguran lava pijar maksimum 1.000 meter ke arah barat daya. Di dalam laporan aktivitas Gunung Merapi periode pengamatan 25 Februari 2021 pukul 00.00 WIB - 06.00 WIB, asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas sedang hingga tebal. 

Tinggi asap 50 meter di atas puncak kawah. "Teramati 28 kali guguran lava pijar di Gunung Merapi," ujar Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida dalam laporan aktivitas Gunung Merapi periode pukul 00.00 WIB - 06.00 WIB, Kamis. 

Kegempaan di Gunung Merapi tercatat, guguran sebanyak 67 dengan amplitudo  3 mm-58 mm dan durasi 10 detik-175 detik. "Tingkat aktivitas Gunung Merapi Level III (siaga)," jelasnya. 

Potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan-barat daya meliputi Sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih sejauh maksimal 5 kilometer. Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi erupsi eksplosif dapat menjangkau radius 3 kilometer dari puncak. 

Baca Juga: Aktivitas vulkanik Gunung Sindoro meningkat, warga diminta waspada

Masyarakat diminta tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya dan mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi. Penambangan di alur sungai yang berhulu di Gunung Merapi dalam KRB III direkomendasikan untuk dihentikan. 

Pelaku wisata direkomendasikan tidak melakukan kegiatan pada daerah potensi bahaya dan bukaan kawah sejauh 5 kilometer dari puncak Gunung Merapi. "Jika terjadi perubahan aktivitas yang signifikan, maka status aktivitas Gunung Merapi akan segera ditinjau kembali," jelasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gunung Merapi Keluarkan Guguran Lava Pijar 28 Kali, Jarak Luncur Maksimum 1000 Meter"

Selanjutnya: Gunung Merapi punya dua kubah lava, pertama kali dalam sejarah

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru