Gunung Merapi kembali mengeluarkan awan panas

Selasa, 30 Maret 2021 | 11:25 WIB Sumber: Kompas.com
Gunung Merapi kembali mengeluarkan awan panas

ILUSTRASI. Guguran lava pijar Gunung Merapi terlihat dari Turi, Sleman, D.I Yogyakarta, Jumat (5/3/2021).


ERUPSI GUNUNG - YOGYAKARTA. Gunung Merapi kembali mengeluarkan awan panas guguran pada hari ini, Selasa (30/3) sekitar 07.06 WIB.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida mengatakan, berdasarkan catatan di seismogram, awan panas guguran ini berlangsung selama 135 detik. "Jarak luncur kurang lebih 1.500 meter ke arah barat daya. Angin bertiup ke utara," kata Hanik dalam keterangan tertulisnya.

BPPTKG juga mencatat, selama pemantauan pada hari ini dari 00.00 WIB hingga 06.00 WIB terjadi 19 kali guguran lava dengan jarak luncur maksimal 1.000 meter. Lava terpantau meluncur ke arah barat daya.

Dalam periode pemantauan itu, teramati asap putih dengan intensitas sedang hingga tebal dan setinggi 50 meter di atas puncak kawah. Tercatat pula dalam waktu itu 50 kali gempa guguran, satu kali gempa embusan, dan dua kali gempa fase banyak. "Tingkat aktivitas Gunung Merapi masih ditetapkan level III (Siaga)," kata Hanik.

Baca Juga: Gunung Merapi kembali lucurkan awan panas guguran 7 kali pada pagi ini (27/3)

Potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan- barat daya meliputi Sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih sejauh maksimal 5 kilometer. Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau radius 3 kilometer dari puncak.

Masyarakat diimbau agar tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya. Masyarakat perlu mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi.

Penambangan di alur sungai yang berhulu di Gunung Merapi dalam KRB III direkomendasikan untuk dihentikan. Pelaku wisata direkomendasikan tidak melakukan kegiatan pada daerah potensi bahaya dan bukaan kawah sejauh 5 kilometer dari puncak Gunung Merapi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Gunung Merapi Kembali Keluarkan Awan Panas, Meluncur Sejauh 1.500 Meter.
Penulis: Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma
Editor: Teuku Muhammad Valdy Arief

Baca Juga: Gunung Merapi meluncurkan 8 kali guguran lava pijar sejauh 1.500 meter

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru