Gunung Merapi meletus dengan tinggi kolom letusan 1.000 meter

Minggu, 17 November 2019 | 12:17 WIB Sumber: Kompas.com
Gunung Merapi meletus dengan tinggi kolom letusan 1.000 meter

ILUSTRASI. Petugas memantau aktivitas kondisi Gunung Merapi pasca kenaikan status dari normal menjadi waspada dengan radio komunikasi di kawasan Cangkringan, Sleman, DI Yogyakarta, Selasa (22/5). Gunung Merapi meletus (17/11) pagi dengan tinggi kolom letusan 1.000 m


GUNUNG - YOGYAKARTA. Terjadi letusan di Gunung Merapi pada Minggu (17/11), pukul 10.46 WIB. Tinggi kolom letusan setinggi kurang lebih 1.000 meter dari puncak. 

Petugas pos pengamatan Gunung Merapi (PGM) Kaliurang, Lasiman membenarkan bahwa telah terjadi letusan. "Iya benar (terjadi letusan di Gunung Merapi)," ujar Lasiman saat dihubungi melalui WhatsApp (WA), Minggu (17/11).

Baca Juga: Labuan Bajo jadi destinasi pariwisata superprioritas, belanja APBN kian digenjot

Berdasarkan data Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, letusan Gunung Merapi terjadi pada pukul 10.46 WIB. Letusan tercatat di seismogram dengan amplitudo max 70 milimeter dan durasi 155 detik. 

"Teramati kolom letusan setinggi kurang lebih 1.000 Meter. Angin bertiup ke barat," ungkapnya. 

Sampai dengan saat ini, BPPTKG Yogyakarta masih menetapkan status Gunung Merapi pada level II atau waspada. Rekomendasi BPPTKG Yogyakarta masih tetap sama. 

Baca Juga: Sebanyak 18 orang ditetapkan tersangka terkait bom bunuh diri di Polrestabes Medan

Area dalam radius 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi agar tidak ada aktivitas manusia. Masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa di luar radius 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi. (Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Terjadi Letusan Gunung Merapi dengan Tinggi kolom 1.000 Meter."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru