Gunung Tangkuban Parahu kembali meletus, tinggi kolom abu 100 meter

Rabu, 04 September 2019 | 17:00 WIB   Reporter: kompas.com
Gunung Tangkuban Parahu kembali meletus, tinggi kolom abu 100 meter

ILUSTRASI. Kondisi kawasan wisata Kawah Ratu - Tangkuban Parahu (27/7/2019).


ERUPSI GUNUNG - JAKARTA. Gunung Tangkuban Parahu di Jawa Barat kembali meletus, dengan tinggi kolom abu 100 meter dari dasar kawah, Rabu (4/9) sekitar pukul 07.24 WIB.

Informasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyebutkan, kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu, dengan intensitas tebal condong ke arah Selatan dan Barat Daya.

Erupsi ini terekam di seismogram, dengan amplitudo maksimum 50 mm dan durasi sekita 58 detik. "Selanjutnya erupsi menerus," kata PVMBG dalam siaran pers, Rabu (4/9).

Saat ini, status Tangkuban Parahu masih di Level II (Waspada). Masyarakat di sekitar Gunung Tangkuban Parahu, pengunjung, wisatawan, dan pendaki diimbau tidak mendekati kawah dalam radius 1,5 km dari kawah aktif.

Selain itu, PVMBG juga merekomendasikan kawasan Taman Wisata Alam Tangkuban Parahu untuk sementara ditutup sampai jarak aman. Tapi, masyarakat di sekitar Gunung Tangkuban Parahu diharapkan tenang dan beraktivitas seperti biasa.

"Tidak terpancing isu-isu tentang letusan Gunung Tangkuban Parahu dan harap selalu mengikuti arahan BPBD setempat," imbuh PVMBG.

Penulis: Farid Assifa

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gunung Tangkuban Parahu Kembali Meletus, Tinggi Kolom Abu 100 Meter"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru