H-4 Lebaran 2020, calon pemudik yang diminta putar balik mencapai rekor terbanyak

Jumat, 22 Mei 2020 | 07:17 WIB   Reporter: Adi Wikanto
H-4 Lebaran 2020, calon pemudik yang diminta putar balik mencapai rekor terbanyak


MUDIK LEBARAN - Jakarta. Meski ada larangan mudik, banyak warga Jabodetabek yang nekat mudik. Hasilnya, banyak calon pemudik yang terjaring petugas kepolisian dan dimintan putar balik.

PT Jasa Marga Tbk bersama pihak Kepolisian dan Kementerian Perhubungan mencatat sekitar 4.003 kendaraan yang terindikasi mudik dikeluarkan ke gerbang tol terdekat di check point Km 31 Cikarang Barat Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada H-4 Lebaran 2020, Rabu (20/05).

Ini adalah jumlah tertinggi sejak diberlakukannya pengendalian transportasi pada 24 April 2020 lalu.

“Ini rekor tertinggi. Dari total 4.003 kendaraan yang dialihkan tersebut diantaranya sekitar 3.664 adalah kendaraan pribadi dan 339 merupakan kendaraan angkutan penumpang,” jelas General Manager Representatif Office 1 Jasamarga Transjawa Tollroad Widiyatmiko Nursejati dalam keterangan tertulis, Kamis (21/5)..

Miko juga menjelaskan lonjakan jumlah kendaraan yang dikeluarkan ini menimbulkan antrean menjelang lokasi check point Pengendalian Transportasi di Km 31 Cikarang Barat tersebut.

“Antrean jelang check point tentu saja karena pihak Kepolisian akan mengecek satu per satu dokumen perjalanan sesuai dengan syarat dari Gugus Tugas Covid-19. Jika ada yang tidak memenuhi syarat perjalanan maka akan ditindak keluar ke gerbang tol terdekat, GT Cikarang Barat 3,” jelas Miko.

Editor: Adi Wikanto

Terbaru