Harga biji coklat di Maluku capai level tertinggi

Selasa, 21 Juni 2016 | 13:02 WIB Sumber: Antara
Harga biji coklat di Maluku capai level tertinggi


Ambon. Petani tanaman coklat di Maluku gembira karena harga komoditas itu sekarang mencapai Rp 39.000/kg. Ini merupakan harga tertinggi yang pernah terjadi wilayah ini.

Pantauan di lokasi transaksi hasil perkebunan, di kawasan pertokoan Batumerah, Ambon, tepatnya di depan toko Sahabat, Selasa (21/6), beberapa petani coklat ramai menjual panenan. Rahman (40), petani asal Pulau Buru, mengakui dirinya dan teman-teman gembira karena harga coklat terus bergerak naik.

"Terbukti hari ini setelah kami datang dari Buru pembeli mematok harga beli Rp 39.000/kg, dan harga ini katanya sudah sejak empat hari yang lalu sungguh luar biasa sebab naik dari Rp 35.000/kg.

Rahman dan lima petani dari Pulau Buru menjual 70 kg coklat hasil panen tahun ini guna mendapatkan sedikit uang tunai guna keperluan menjelang perayaan hari raya Lebaran. "Harga ini sangat menguntungkan,"ujar Rahman.

Adnan, pemilik toko Sahabat, mengakui harga coklat yang dipatok untuk para petani di daerah ini Rp 39.000/kg, atau naik dari sebelumnya Rp 35.000. "Untuk komoditi yang satu ini sedang memasuki masa panen baik di Pulau Buru maupun di Pulau Seram terutama di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB)," ujarnya.

Sedangkan komoditi unggulan lainnya seperti cengkih masih bertahan dengan harga Rp 95.000/kg, turun dari sebelumnya Rp115.000/kg pada akhir bulan Mei, biji pala bundar juga bertahan berkisar antara Rp 65.000 hingga Rp 70.000/kg tergantung kualitasnya.

Untuk fuli pala sekarang ini juga masih bagus harganya yakni Rp 130.000/kg, dan kopra Rp 9.000/kg.

Dia menambahkan, harga komoditi yang diterapkan di Kota Ambon selalu mengikuti perkembangan harga di Kota Surabaya. Soalnya, hasil pembelian di Ambon dijual lagi ke Surabaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru