Hari pertama pengalihan penerbangan, Bandara Kertajati layani 3.780 penumpang

Senin, 01 Juli 2019 | 17:38 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Hari pertama pengalihan penerbangan, Bandara Kertajati layani 3.780 penumpang


BANDARA -  BANDUNG. Bandara Kertajati Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, mulai merasakan peningkatan volume penumpang pada hari pertama pengalihan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara Bandung. Pihak bandara mencatat, ada 3.780 penumpang yang dilayani hingga malam hari nanti.

Direktur PT Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB), Muhamad Singgih mengatakan, 3.782 penumpang itu terlayani dalam 36 pergerakan pesawat. Rute keberangkatan yang dilayani dari Kertajati, yakni Denpasar, Medan, Palembang, Lombok, Banjarmasin, Pekanbaru, Balikpapan, Pontianak, Batam, Surabaya, dan Makassar.

Ada pun kedatangan berasal dari kota Surabaya, Denpasar, Pekanbaru, Banjarmasin, Medan, Palembang, Batam, Makassar, Balikpapan, Lombok dan Pontianak. "Artinya ada 18 take off dan 18 landing di Bandara Kertajati hari ini dengan jumlah penumpang yang mendekati 3.800 orang," kata Singgih saat dihubungi via telepon seluler, Senin (1/7).

Tingkat keterisian penumpang yang dilayani maskapai juga cukup menggembirakan. Misalnya, rute Medan, Balikapapan dan Denpasar dan Batam load factor (LF) tersebut di atas 90%. Bahkan rute Batam yang dilayani maskapai Lion Air mencapai 100%.

"Jika dirata-ratakan untuk hari ini LF dari pada penerbangan ada di angka 70%," ujar Singgih.

Singgih menambahkan, dari segi layanan kebandarudaraan sudah tidak ada permasalahan berarti. Secara umum, Singgih menegaskan seluruh penumpang terlayani dengan baik. "Hari pertama secara umum hari ini lancar dan tidak ada masalah. Tadi juga penerbangan lancar, penumpang terlayani dengan baik, situasi aman," jelasnya.

Seperti diketahui, terhitung 1 Juli maskapai yang sebelumnya melayani penerbangan di BDO beralih serentak secara reguler menuju Bandara Kertajati. Bahkan 30 Juni Air Asia melakukan penerbangan perdananya dengan tujuan Denpasar.

Garuda Indonesia yang notabene sebagai maskapai pelat merah melayani penerbangan rute Denpasar dengan frekuensi setiap hari. Selanjutnya Citilink akan melayani penerbangan setiap hari ke Denpasar, Medan, Pekanbaru, Palembang dan Surabaya.

Sedangkan Lion Air menjadi maskapai yang paling sibuk. Ada 10 rute yang dilayani setiap hari dari dan ke Kertajati, yakni Pekanbaru, Balikpapan, Banjarmasin, Denpasar (3 penerbangan), Medan (2 penerbangan), Batam, Surabaya, Lombok, Pontianak, dan Makassar.

Selanjutnya ada AirAsia yang melayani rute Denpasar (setiap hari), dan Surabaya dengan frekuensi tiga kali seminggu (Selasa, Kamis, Sabtu). Ada pun Xpress Air membuka penerbangannya dengan tujuan Padang dan Palembang satu minggu sekali (setiap Selasa) mulai 1 Agustus. (Dendi Ramdhani)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hari Pertama Pengalihan Penerbangan, Bandara Kertajati Layani 3.780 Penumpang"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru